+62 822 600 700 80 info@antaresenergi.com

Warga Negara Indonesia patut bersyukur dan bangga telah lahir di tanah yang kaya sumber daya alam dan budaya. Kekayaan Indonesia yang begitu besar telah memicu pertumbuhan industri pertambangan dan industri-industri pemanfaatan sumber daya alam lainnya. Sayang sekali, jumlah industri yang mengeksplorasi sumber daya masih lebih banyak daripada industri yang bergerak untuk menjaga keseimbangan alam.

Indonesia membutuhkan lebih banyak perusahaan rehabilitasi yang siap sedia untuk bekerja mengembalikan keseimbangan alam. Antares Multi Energi sebagai salah satu perusahaan rehabilitasi hadir untuk membagikan berbagai informasi seputar manfaat hydroseeding dan cara mencari penjual mesin hydroseeding.

Apa itu Hydroseeding?

Bagi Anda yang masih asing dengan istilah Hydroseeding, hydroseeding adalah salah satu teknik terpopuler yang banyak digunakan untuk mereklamasi lahan rusak, seperti lahan bekas tambang, misalnya. Teknik Hydroseeding dilakukan dengan cara mencampur benih tanaman di dalam sebuah tempat khusus yang sebelumnya sudah diisi dengan media air. 

Popularitas teknik Hydroseeding memicu berbagai lembaga maupun perorangan untuk mencari penjual mesin hydroseeding untuk keperluan revegetasi yang mudah, cepat dan anti gagal.

Lalu, Bagaimana Proses Hydroseeding Dilakukan?

Pada dasarnya, HydroSeed adalah sebuah kegiatan mencampurkan benih rumput, mulsa, pupuk dan air menjadi satu dalam satu tangki untuk membuat bubur. Tangki tersebut ada di Truk HydroSeed khusus yang kemudian akan digunakan untuk menyemprotkan campuran bubur tadi ke permukaan tanah dari lahan yang hendak direhabilitasi. Dalam waktu 5 – 7 hari setelah proses hydroseeding dilakukan, nantinya Anda dapat melihat benih-benih tanaman mulai berkecambah dan bertunas.

Beberapa lembaga maupun perorangan juga kerap menyerahkan proses revegetasi pada perusahaan rehabilitasi yang akan menangani proses hydroseeding dan juga menjual berbagai mesin hydroseeding berkualitas yang akan menjamin keberhasilan proses revegetasi.

Apa Perbedaan Hydroseeding dan HydroMulching?

Selagi Anda mencari informasi seputar jasa Hydroseeding atau penjual mesin hydroseeding, bisa jadi Anda juga menemukan informasi lain yang mirip, yaitu tentang teknik HydroMulching. Kira-kira apa perbedaan Hydroseeding dan HydroMulching?

Sebenarnya, kedua teknik ini merupakan proses revegetasi yang serupa, tapi ada sebuah perbedaan yang cukup kentara.

Secara teknis HydroMulching adalah proses revegetasi tanpa benih. Teknik ini adalah teknik yang sering digunakan untuk proyek-proyek seperti pengendalian erosi, restorasi streambank dan stabilisasi pada daerah lereng.

Di sisi lain, Hydroseeding adalah teknik yang memiliki lebih banyak keunggulan dan dapat digunakan pada berbagai industri dengan berbagai cara pengaplikasian. Apa saja keunggulan Hydroseeding?

Manfaat dan Keunggulan Hydroseeding

Ketika Anda mencari penjual mesin hydroseeding, Anda juga perlu tahu mengapa Anda harus memilih teknik ini untuk memantapkan pilihan Anda. Berikut 10 Manfaat Hydroseeding yang membuatnya menjadi teknik revegetasi terpopuler hingga sekarang :

  1. Hydroseeding Menghemat Uang dan Waktu
    Tentu saja faktor biaya dan waktu adalah faktor terpenting bagi keuntungan usaha Anda. Kabar baiknya, dengan Hydroseeding Anda akan menghemat kedua faktor krusial ini, baik itu faktor uang maupun faktor waktu.Biaya Mesin Hydroseeding bisa menghemat hingga 75% lebih murah daripada ketika Anda harus membeli tanah karena hydroseeding tidak padat karya seperti membuka gulungan atau memasang semua gulungan tanah.

    Selain sangat mahal, revegetasi dengan tanah juga membutuhkan banyak tenaga dan peralatan saat proses pemasangan. Sedangkan jika Anda memilih mesin Hydroseeding, Anda hanya membutuhkan segelintir pekerja atau bahkan satu pekerja saja, tergantung pada berapa luas lahan dan berapa banyak mesin hydroseeding yang Anda miliki

  2. Hydroseeding Dapat Digunakan di Berbagai Industri
    Keunggulan dan manfaat Hydroseeding telah menjangkau banyak industri dan jenis bisnis, seperti :

      • Pertanian
      • Usaha Pengendalian Erosi
      • Bandara
      • Olahraga dan Atletik
      • Perusahaan Konstruksi
      • Bisnis Energi dan Bahan Bakar
      • Proyek Pemerintah
      • Pengembangan Lahan
      • Tempat Pembuangan Sampah
      • Kontraktor Lanskap
      • Taman Nasional
      • Berbagai Properti
      • Departemen Transportasi
      • Dll.

    Tujuan dari masing-masing industri tentu berbeda. Tetapi tujuan paling umum dari pemilihan mesin hydroseeding adalah untuk membangun hamparan rumput luas, atau bunga liar dan padang rumput alami.

    Tujuan juga bisa lebih bersifat teknis seperti untuk menstabilkan lereng, menahan debu di lahan bekas tambang, menghidupkan kembali vegetasi dan mempercepat reboisasi setelah kebakaran hutan.

  3. Hydroseeding Meningkatkan Kualitas Proyek
    Sejumlah penelitian ilmiah dan data menunjukkan bahwa Hydroseeding meningkatkan kualitas proyek Anda. Hydroseeding memberikan hasil dengan kualitas yang unggul karena memungkinkan akar rumput tertanam lebih cepat dan lebih dalam ke dalam tanah dibandingkan dengan metode lainnya. 

    Ketika Anda memilih mesin hydroseeding, maka Anda akan mendapati serat HydroSeed saling mengunci dan menciptakan alat yang menghasilkan akar yang kuat dan rumput yang hijau, sehat, dan tahan lama. 

  4. Hydroseeding Akan Mengunci Kelembaban
    Salah satu bahan campuran hydroseeding yaitu mulsa, memiliki pengaruh penting sehingga rumput hasil hydroseeding mampu mempertahankan lebih banyak kelembaban daripada teknik penanaman lainnya. Hydroseeding bisa menahan hingga 10 kali beratnya di dalam air sehingga  merangsang pertumbuhan tanaman lebih cepat. 

    Campuran hydroseeding mempertahankan kelembapan selama proses pencampuran dan pengaplikasian menggunakan mesin hydroseeding. Setelah diaplikasikan, mulsa akan melindungi benih dari angin, erosi dan kerusakan akibat sinar matahari sebelum hancur menjadi nutrisi untuk membantu pertumbuhan tanaman. 

  5. Hydroseeding Mampu Menjamah Area yang Sulit
    Hydroseeding memecahkan banyak tantangan aksesibilitas lahan yang cenderung sulit akses.  Mesin hydroseeding umumnya dipasang di turret di atas truk, dan penyemprotnya berbentuk seperti senjata yang menembakkan lumpur ke lahan-lahan yang sulit, seperti lereng curam misalnya. 

    Mesin hydroseeding adalah pilihan yang tepat karena dengan mesin hydroseeding, Anda akan mendapat kemudahan dan pengurangan risiko dari proses vegetasi pada daerah sulit yang rawan dan bahaya saat dilakukan dengan cara manual. 

  6. Hydroseeding Mampu Mengendalikan Erosi
    Hydroseeding menjadi pilihan banyak orang karena memiliki kemampuan dalam mengendalikan erosi dan stabilisasi tanah lainnya. Gaya dan tekstur dari teknik Hydroseeding masih akan dapat berfungsi bahkan jika metode lain gagal, karena kualitasnya yang stabil. 
  7. Hydroseeding Sangat Serbaguna
    Hydroseeding dapat menangani semuanya proyek, mulai dari halaman rumput di taman perumahan hingga proyek pembibitan skala besar. Tidak hanya rumput saja, Anda juga dapat melakukan penanaman tanaman lain seperti bunga liar, misalnya, atau tanaman endemik lain.

Semua manfaat terbaik dari teknik Hydroseeding tidak dapat Anda dapatkan jika Anda salah memilih mesin atau salah memilih jasa hydroseeding. Anda perlu mencari penjual mesin hydroseeding terpercaya yang sudah terbukti pengalamannya.

Antares Multi Energi, Mitra Hydroseeding

Anda sudah memutuskan pilihan untuk melakukan hydroseeding? Sedang mencari penjual mesin hydroseeding terpercaya? Antares Multi Energi akan hadir membantu Anda. 

Antares Multi Energi merupakan perusahaan nasional di bidang rehabilitasi yang menawarkan berbagai jasa rehabilitasi dan berbagai produk rehabilitasi seperti mesin hydroseeding. Antares Multi Energi berkantor di Rukan Taman Pondok Kelapa, Jakarta Timur, dan telah terbukti berpengalaman melayani jasa rehabilitasi di seluruh wilayah Indonesia.

Anda dapat melihat portofolio proyek Antares Multi Energi dengan mengunjungi website resmi Antares Multi Energi di www.antaresenergi.com

Untuk menemukan penawaran produk dengan kualitas dan harga terbaik sesuai kebutuhan, Anda juga dapat menghubungi Antares Multi Energi via-email info@antaresenergi.com  dan via telepon di 0822-600-700-80