+62 822 600 700 80 info@antaresenergi.com

Ramainya industri pertambangan dan berbagai industri lain yang bergerak pada bidang pemanfaatan sumber daya alam, membuat lahan di Indonesia semakin kritis. Itulah mengapa, rehabilitasi dan revegetasi lahan perlu segera dilakukan.

Bahkan ketika telah disahkan berbagai kebijakan dan kewajiban rehabilitasi, masih saja banyak perusahaan yang mangkir dan tidak peduli dengan ekosistem lingkungan bekas aktivitas industri. Akibatnya, lahan semakin kritis dan bencana alam terjadi silih berganti di berbagai wilayah.

Salah satu upaya yang dapat dilakukan dalam menangani lahan kritis yang terkena dampak aktivitas industri maupun kelalaian masyarakat yang lain adalah dengan melakukan revegetasi menggunakan hydroseeding

Sebelum mengenal berbagai metode hydroseeding dan mencari tahu tentang penjual mesin hydroseeding, Anda perlu mengenal hydroseeding dan manfaatnya terlebih dahulu.

Mengenal Hydroseeding

Hydroseeding adalah proses penanaman yang memanfaatkan campuran benih tanaman dan mulsa hingga berwujud seperti bubur. Bubur campuran ini akan diangkut dalam tangki yang kemudian akan dipasang dan disemprotkan di atas permukaan tanah atau lahan yang rusak. 

Tentunya, lahan perlu dipersiapkan terlebih dahulu sebelum benih disemprotkan ke permukaan tanah. Umumnya, mesin hydroseeding menggunakan tangki truk untuk proses penanaman bibit, tetapi ada kalanya helikopter juga dapat digunakan ketika area yang harus ditutup begitu luas, sulit dijangkau dan harus segera ditutup.

Hydroseeding merupakan alternatif dari proses penaburan benih tradisional atau kering. Hydroseeding dapat menghambat erosi tanah dan mempercepat pertumbuhan tanaman. Hal ini dapat terjadi karena mulsa dalam campuran benih hydroseeding mampu membantu menjaga tingkat kelembaban benih dan bibit.

Mengapa Penting Memilih Hydroseeding?

Ada berbagai alasan yang akan menjelaskan tentang mengapa hydroseeding begitu diminati, mengapa banyak orang mencari penjual mesin hydroseeding dan mengapa kini mulai bermunculan jasa jual mesin hydroseeding

  • Hydroseeding Hemat Biaya
    Hydroseeding adalah pilihan yang paling ekonomis untuk membuat padang rumput yang diinginkan, merehabilitasi lahan, dan melakukan segala macam penghijauan tanpa mengeluarkan biaya, waktu, biaya material atau kebutuhan pemasangan yang rumit.

 

  • Kualitas Hydroseeding Sangat Baik
    Kualitas rumput dan tanaman yang ditanam dengan hydroseeding jauh lebih sehat, lebih hijau dan lebih tahan lama daripada aplikasi sodding atau hand seeding karena pembentukan akar tanaman akan lebih dalam masuk ke tanah. Hal ini akan menghindarkan bibit dari guncangan saat ditransplantasikan ke tanah asing.

 

  • Cakupan Hydroseeding yang Luas
    Teknik Hydroseeding dapat menghasilkan rumput yang lebih tebal, lebih seragam, lebih rapi, tikar serat saling terkait, sehingga menciptakan lingkungan tumbuh yang ideal. Anda juga tidak perlu khawatir akan menghasilkan lahan dengan tanaman yang tidak rata, karena mesin hydroseeding akan menjamin pembibitan merata.

 

  • Hydroseeding Mampu Mengendalikan Erosi
    Pengendalian erosi adalah alasan yang paling umum untuk menggunakan teknik hydroseeding. Teknik hydroseeding mampu melindungi bibit dari kehilangan tanah yang disebabkan oleh angin, hujan, matahari dan hama.

  • Hydroseeding Sangat Fleksibel dan Multifungsi
    Hydroseeding menjadi semakin populer dan menjadi alternatif pengganti hand seeding karena fleksibilitasnya yang terbukti mampu bekerja pada beragam tempat kerja dan aplikasi, termasuk lanskap perumahan, lereng bukit, restorasi vegetasi, lapangan golf, tempat pembuangan sampah, reboisasi kebakaran hutan, reklamasi tambang, dan masih banyak lagi.

  • Kesehatan Bibit Tanaman Terjamin
    Jika Anda memilih mesin hydroseeding untuk revegetasi, maka Anda akan mendapatkan lingkungan mikro yang ideal untuk benih tumbuh dengan sehat, karena bahan bubur campuran hydroseeding mampu meningkatkan proses penanaman dan merangsang benih untuk menumbuhkan akar yang dalam dengan kelembaban tinggi.

  • Faktor Kecepatan
    Kombinasi dari biaya, kualitas, cakupan, pengendalian erosi dan kesehatan jelas mempengaruhi orang-orang untuk mencari mesin hydroseeding. Mesin hydroseeding terbukti lebih cepat dan lebih mudah untuk dipasang daripada sod dan teknik lain.

  • Faktor Keamanan
    Hydroseeding adalah metode yang benar-benar aman karena tidak mengandung racun sehingga dapat menumbuhkan rumput yang tidak berbahaya ketika digunakan sebagai taman bermain bagi anak-anak, hewan peliharaan, dan tentu saja bagi keseimbangan lingkungan.

  • Faktor Tenaga kerja
    Salah satu keuntungan utama dari mesin hydroseeding adalah tenaga kerja. Dalam pelaksanaan revegetasi menggunakan mesin hydroseeding, cukup dengan 3 tenaga kerja saja, Anda dapat menyelesaikan pekerjaan yang biasanya membutuhkan 6 tenaga kerja.

  • Air
    Tidak ada metode lain untuk menanam rumput yang memiliki keunggulan retensi air seperti halnya penanaman dengan mesin hydroseeding. Dengan kemampuan hydroseeding untuk yang mampu menahan hingga 10 kali beratnya dalam air, metode ini terbukti menjadi metode terbaik untuk pertumbuhan tanaman yang cepat, sehat, dan tahan cuaca ekstrem.

Macam-macam Metode Hydroseeding

Prosedur pelaksanaan hydroseeding memang berbeda-beda, tergantung pada persyaratan dan kegunaan masing-masing, seperti :

  • Optimalisasi sifat tanah 
  • Optimalisasi kandungan hara di dalam tanah
  • Optimalisasi kapasitas retensi air
  • Optimalisasi kondisi iklim mikro 
  • Optimalisasi pengendalian erosi 
  • Dll.

Syarat dari keberhasilan metode hydroseeding bukan hanya pemilihan mesin hydroseeding berkualitas dan tenaga yang berpengalaman, tetapi juga persiapan lokasi lahan mentah yang memadai dan perpaduan antara tanaman tertentu dan campuran rumput. 

Berikut adalah beberapa metode hydroseeding yang dilakukan dengan mempertimbangkan berbagai persyaratan dan kegunaan :

  1. Hydroseeding dengan Optimalisasi Sifat Tanah
    Area lahan dengan pH tanah yang tidak menguntungkan, bernutrisi rendah, dengan kapasitas penyimpanan air rendah, kurang humus atau peningkatan aktivitas ion memerlukan perawatan yang khusus.

    Tanah yang sangat parah atau kritis biasanya hanya dapat ditanami jika menerapkan reagen yang bertindak basa atau asam, memiliki komponen mineral atau organik dan menggunakan cara kerja osmotik.

    Mencari penjual mesin hydroseeding saja tidak cukup. Perlu dilakukan persiapan tanah agar mumpuni untuk pertumbuhan vegetasi, karena pertumbuhan benih dan pertumbuhan jangka panjang dari vegetasi hanya akan berhasil di lahan yang sudah siap.

  2. Hydroseeding dengan Optimalisasi Kandungan Hara di Tanah
    Lahan atau tanah yang miskin nutrisi dan cukup kritis adalah tanah mentah dengan kandungan bahan organik (humus) yang rendah. Tanpa kandungan hara makro dalam jumlah minimum tertentu (termasuk di dalamnya nitrogen, fosfor, kalium, kalsium, magnesium), maka pertumbuhan vegetasi tidak akan maksimal. Proses hydroseeding perlu menggunakan pupuk yang memberikan nutrisi baik untuk pertumbuhan jangka pendek dan jangka panjang.

  3. Hydroseeding dengan Perlindungan Terhadap Cuaca Ekstrem
    Tahap memilih mesin hydroseeding memang sangat penting untuk Anda lakukan. Karena, dengan mesin hydroseeding, Anda dapat menerapkan lapisan mulsa dari serat organik, sehingga benih dan bibit akan terlindungi dari pengaruh cuaca ekstrem seperti angin kencang, hujan deras, kemarau panjang atau musim dingin berkelanjutan.

    Alat mulsa mencakup serat organik seperti jerami, jerami, serat kayu, selulosa dan kapas. Lapisan mulsa umumnya diterapkan pada proses kedua setelah pembibitan dan dipasang dengan pengikat tanah yang sesuai kebutuhan.

  4. Hydroseeding dengan Optimalisasi Pengendalian Erosi
    Permukaan tanah pada lahan yang akan direhabilitasi pada dasarnya distabilkan dengan pengendali erosi khusus yang tidak akan menyinggung ekologi (pengikat tanah). Bahan yang digunakan dalam hydroseeding ini tidak hanya menempel pada biji, tetapi juga partikel tanah lahan itu sendiri.

    Kapasitas penyerapan air pada substrat tidak akan terpengaruh, asalkan bahan yang digunakan adalah bahan-bahan efektif yang berkualitas tinggi,  sehingga permukaan tanah yang kaku bahkan tidak akan hancur oleh energi mekanik dari hujan lebat atau badai petir sekalipun.

Temukan Mesin Hydroseeding Terbaik di Antares Multi Energi

Antares Multi Energi adalah sebuah perusahaan di bidang rehabilitasi yang menyediakan berbagai produk jasa kegiatan penghijauan/revegetasi lahan, menjual produk mesin hydroseeding hingga produksi bibit tanaman.

Untuk info lebih lanjut tentang proyek Antares Multi Energi, berbagai produk menarik dan profil perusahaan, Anda dapat mengunjungi website resmi Antares Multi Energi di www.antaresenergi.com atau dapat langsung menghubungi Antares Multi Energi via-email di info@antaresenergi.com dan via telepon di 0822-600-700-80.