info@antaresenergi.com

Jasa Bioremediasi untuk Lingkungan yang Lebih Baik

Dec 31, 2018

Seiring dengan perkembangan dan kemajuan teknologi, kini berbagai aspek dalam kehidupan juga semakin mengalami kemudahan. Tidak hanya yang berkaitan dengan penunjang manusia seperti kendaraan dan sarana komunikasi, melainkan juga yang berkaitan dengan berbagai barang produksi dari industri. Akan tetapi, seiring dengan kemajuan teknologi dan industri, ternyata turut membawa dampak negatif terhadap lingkungan. Adapun dampak yang nyata adalah pencemaran dan kerusakan lingkungan yang semakin hari semakin menjadi.

Kehidupan kita sebagai manusia tidak lepas dari lingkungan sebagai penunjang kehidupan. Jika saja lingkungan tempat manusia bergantung telah mengalami kerusakan saat ini, bagaimana nasib anak cucu kita ke depannya? Itu adalah sebuah pertanyaan penggugah kesadaran betapa pentingnya lingkungan bagi kehidupan manusia.

Berangkat dari pemikiran tersebut, kini kesadaran manusia akan pentingnya lingkungan semakin bertambah. Berbagai upaya kini mulai digalakkan dengan maksud memperbaiki dan mengembalikan kondisi dan fungsi lingkungan seperti sedia kala. Beberapa kegiatan yang mulai menunjukkan keseriusan dalam membenahi lingkungan seperti penanaman pohon di beberapa daerah kritis, pengolahan sampah baik organik maupun anorganik, hingga melakukan bioremediasi. Adapun berbagai kegiatan tersebut tentu disesuaikan dengan kemampuan dan juga tingkat keparahan dari lingkungan yang rusak.

Polusi menyumbang penyebab kerusakan lingkungan tertinggi. Polusi ini meliputi polusi tanah, polusi air, dan juga polusi udara. Skalanya juga tak main-main. Bahkan polusi air misalnya dapat meliputi lautan yang luas. Sehingga perlu ada suatu gerakan nyata dalam upaya pengembalian kondisi lingkungan agar lingkungan yang rusak tersebut kembali seperti sedia kala. Salah satu kegiatan yang paling efektif dalam mengurangi bahkan menghilangkan polutan yang menjadi penyebab polusi atau pencemaran adalah dengan bioremediasi.

Secara harfiah bioremediasi merupakan suatu kegiatan pengembalian kondisi lingkungan dengan menggunakan agen hidup atau makhluk hidup sebagai medianya. Adapun agen hidup atau makhluk hidup ini dapat berupa tumbuhan, hewan, maupun mikroorganisme yang memiliki kemampuan khusus sesuai dengan kondisi lingkungan yang akan dibenahi. Bioremediasi sendiri biasanya dilakukan dalam skala lingkungan yang luas dan dilakukan oleh perusahaan jasa bioremediasi yang memang memiliki kualifikasi khusus dalam bidang ini.

Kegiatan bioremediasi yang dilakukan oleh jasa bioremediasi sendiri biasanya merupakan hasil kerjasama antara perusahaan penyedia jasa bioremediasi dengan lembaga atau badan yang bertanggung jawab terhadap kondisi lingkungan tersebut. Kegiatan bioremediasi dengan tujuan untuk mengubah zat pencemar atau polutan menjadi zat yang kurang beracun atau tidak beracun sehingga lingkungan menjadi aman dan kondisinya kembali seperti semula. Adapun tahapan dari serangkaian kegiatan bioremediasi adalah sebagai berikut.

–          Melakukan pengamatan atau observasi lingkungan yang tercemar untuk mengetahui kondisi pencemaran, jenis, hingga tingkat keparahan dari kerusakan lingkungan yang terjadi. Hasil dari pengamatan lingkungan ini nantinya akan digunakan sebagai acuan untuk tindak lanjut bioremediasi selanjutnya.

–          Setelah mengetahui segala hal tentang pencemaran, maka jenis organisme yang akan digunakan dapat diketahui. Penggunakan tumbuhankah atau menggunakan mikroorganisme tertentu.

–          Selanjutnya adalah proses inti dari serangkaian kegiatan bioremediasi yakni mengembangkan agen hidup dengan tujuan mengurangi hingga menghilangkan zat beracun polutan lingkungan. Kegiatan ini berlangsung secara alami karena beberapa organisme memang memiliki kemampuan khusus mendegradasi zat polutan tertentu.

–          Setelah agen hidup “disemaikan” dan dibiarkan berkembang di daerah yang tercemar, tahapan selanjutnya adalah memelihara agen hidup tersebut sambil terus melakukan pemantauan progres lingkungan.

Serangkaian kegiatan bioremediasi jika dilakukan dengan tepat dan baik maka hasilnya juga akan maksimal. Oleh karenanya, pada tahap observasi adalah tahapan yang paling penting. Karena pada tahapan ini menjadi tahapan penentuan jenis kerusakan lingkungan dan juga agen hidup yang hendak digunakan. Dengan menggunakan agen hidup yang sesuai dengan kondisi pencemaran, maka hasilnya tentu juga akan memuaskan.

Semakin banyaknya kegiatan bioremediasi yang dilakukan di berbagai wilayah saat ini. Hal ini karena semakin tingginya kesadaran masyarakat akan betapa pentingnya menjaga kondisi lingkungan. Pemilihan bioremediasi sebagai salah satu cara dalam mengembalikan fungsi lingkungan yang asri bukanlah tanpa alasan. Adapun beberapa kelebihan yang dimiliki oleh bioremediasi sebagai jalan dalam memperbaiki kondisi lingkungan adalah sebagai berikut.

  • Aman digunakan untuk berbagai lingkungan karena menggunakan agen hidup seperti tumbuhan atau mikroorganisme tertentu serta tidak menggunakan tambahan bahan kimia.
  • Menghemat tenaga pengerjaan karena tidak perlu mengangkat zat polutan karena secara alami zat polutan tersebut diubah oleh agen hidup yang bersangkutan.
  • Biaya yang terjangkau serta teknik yang diterapkan mudah dan hasilnya juga maksimal asalkan dilakukan dengan pemantauan berkala
  • Dapat diaplikasikan dalam lingkungan yang bermacam-macam serta mencakup wilayah yang luas.

Karena kelebihan yang dimiliki oleh teknik bioremediasi inilah, maka bioremediasi kini semakin banyak diaplikasikan dalam upaya pengembalian serta perbaikan kondisi lingkungan yang tercemar. Dengan berdasarkan hal tersebut, maka terdapat pula perusahaan jasa bioremediasi yang khusus memberikan jasa layanannya dalam upaya pengerjaan kegiatan bioremediasi lingkungan.

Sebagai perusahaan jasa bioremediasi, perlu memiliki kemampuan dan juga pengetahuan yang cukup baik tentang segala hal yang berkaitan dengan pencemaran lingkungan. Kualitas dari hasil bioremediasi juga ditentukan oleh kinerja dari jasa bioremediasi yang bekerja. Oleh karenanya, perlu dilakukan pemilihan yang selektif sebelum bekerja sama dengan perusahaan jasa bioremediasi.

Antares Energi merupakan salah satu perusahaan jasa bioremediasi yang telah lama berkecimpung di dunia perbaikan lingkungan yang tercemar. Telah banyak proyek bioremediasi yang dikerjakan oleh Antares Energi dan memiliki hasil yang baik sehingga kondisi lingkungan yang awalnya tercemar, kini telah kembali lagi seperti sedia kala. Semua itu berat kerja dan upaya yang dilakukan oleh Antares Energi sebagai perusahaan jasa bioremediasi yang berkomitmen untuk memperbaiki serta mengembalikan kondisi lingkungan dengan melakukan bioremediasi.

Jika lingkungan di sekitar Anda sekiranya tercemar dan perlu dilakukan pemulihan, Anda bisa berkonsultasi dengan Antares Energi apakah pencemaran di lingkungan Anda bisa ditangani dengan jalan bioremediasi. Anda bisa datang langsung ke kantor Antares Energi yang beralamatkan di Rukan Taman Pondok Kelapa, Blok F No.1 Jalan Pondok Kelapa Raya, Duren Sawit, Pondok Kelapa, Jakarta. Info lebih lanjut juga bisa Anda dapatkan melalui email di info@antaresenergi.com atau menghubungi di nomor 0822 600 700 80.

Antares Energi akan berupaya untuk membantu mengembalikan kondisi lingkungan dan menghilangkan berbagai polutan dengan menggunakan teknik bioremediasi terkini. Sehingga selain aman untuk sekitar, berbagai zat polutan yang mencemari lingkungan seperti di tanah maupun di perairan dapat dihilangkan. Dengan begitu, perlahan kondisi lingkungan yang awalnya tercemar akan kembali bersih dan tentunya aman untuk makhluk hidup yang mendiaminya.

Antares Energi sebagai perusahaan jasa bioremediasi, akan dengan sungguh-sungguh membantu menyelesaikan permasalahan di lingkungan yang berkaitan dengan pencemaran. Karena menjadikan lingkungan yang bersih, sehat, serta bebas dari polutan adalah komitmen yang dimiliki oleh Antares Energi. Dengan lingkungan yang sehat dan bersih, kelangsungan berbagai makhluk hidup lainnya juga akan terjaga. Ini adalah suatu bentuk warisan abadi untuk anak cucu kita di masa yang akan datang.

Artikel Lainnya