info@antaresenergi.com

Pengelolaan Air Limbah bersama Kontraktor Water Treatment Plant

Jan 30, 2021

Tahukah Anda? Pengelolaan Air Limbah adalah sebuah PR besar bagi setiap negara di dunia? Merupakan sebuah kebiasaan dan praktik umum dari berbagai industri untuk memompa air limbah dalam jumlah besar ke sungai hingga berujung ke lautan. Meskipun sudah paham bahwa tindakan tersebut berbahaya, tetap saja masih banyak industri yang melakukannya. Padahal, pembuangan air limbah ini memiliki efek yang sangat negatif pada lingkungan.

Apa saja yang termasuk air limbah? Bagaimana cara mengelola air limbah dengan Water Treatment Plant? Di mana kita dapat menemukan Kontraktor Water Treatment Plant yang terpercaya? Simak semua informasinya di sini!

Apa itu air limbah?

Sederhananya, air limbah adalah segala bentuk air yang telah terkontaminasi oleh sebuah aktivitas manusia, termasuk di dalamnya aktivitas industri komersial atau domestik. Air yang dapat masuk ke dalam kategori limbah termasuk air yang digunakan untuk saluran pembuangan dan air produk sampingan dari industri skala besar seperti pertambangan dan manufaktur.

Mengapa pengolahan air limbah begitu penting?

Pengelolaan air limbah dengan instalasi Water Treatment Plant menjadi penting untuk meringankan dampak air limbah terhadap lingkungan alam sekitar. Instalasi Water Treatment Plant air limbah akan mengolah air sebelum membuangnya ke lingkungan yang berujung pada sungai dan lautan.

Air adalah salah satu sumber daya terpenting yang tidak boleh kita sia-siakan. Ada beberapa cara untuk mengolah air limbah, dan semakin baik prosesnya, semakin tinggi pula persentase air tersebut dapat digunakan kembali sebelum dibuang ke laut.

Dilansir dari ejournal.litbang.kemkes.go.id, terdapat sebuah jurnal yang membahas tentang pengaruh limbah industri terhadap lingkungan. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, ternyata terdapat berbagai dampak negatif dari air limbah pada manusia, hewan dan lingkungan, termasuk :

  1. Keracunan pada manusia
  2. Keracunan pada hewan ternak
  3. Kematian ikan
  4. Kematian plankton, serta
  5. Akumulasi dalam daging ikan dan moluska

Itulah sebabnya, air limbah terutama air limbah yang dihasilkan oleh industri perlu diolah dan ditangani dengan baik dan benar agar tidak membawa dampak buruk bagi kehidupan di sekitarnya.

Apa itu Water Treatment Plant?

Water Treatment Plant atau yang juga dikenal sebagai instalasi pengolahan air, adalah proses mengolah berbagai sumber air yang berkualitas buruk (air minum, air limbah, air kolam, air laut) menjadi air bersih berkualitas baik yang dapat digunakan sebagaimana mestinya.

Water Treatment Plant sangat bermanfaat untuk mengubah sumber air minum yang buruk menjadi air yang layak konsumsi, sehat dan aman bagi manusia. Water Treatment Plant juga berfungsi untuk mengolah air kolam renang supaya tetap bersih dan terbebas dari bakteri, jamur serta lumut.

Selain itu, Water Treatment Plant juga merupakan cara efektif untuk mengolah air limbah, menghilangkan kandungan berbahaya di dalam air limbah, sehingga aman ketika dibuang ke alam.

Pelaksanaan Pengelolaan Air Limbah dengan Instalasi Water Treatment Plant

Kontraktor instalasi Water Treatment Plant hendaknya memiliki prosedur pelaksanaan yang baik yang disesuaikan dengan kebutuhan dan juga hukum yang berlaku. Beberapa daerah memiliki peraturan tersendiri terkait pelaksanaan pengelolaan air limbah. Salah satu Peraturan Daerah di wilayah padat industri seperti Kabupaten Bandung dapat menjadi acuan dalam pelaksanaan instalasi Water Treatment Plant untuk air limbah.

Di dalam Peraturan Daerah Kabupaten Bandung Nomor 7 tahun 2020 disebutkan bahwa pelaksanaan instalasi Water Treatment Plant air limbah hendaknya dilakukan dengan melibatkan kegiatan seperti :

  1. Pengelolaan air limbah melalui Instalasi Pengolahan Air Limbah Terpadu (IPAL) atau unit lain dalam rangka untuk menurunkan konsentrasi pencemaran pada air
  2. Penggunaan bahan kimia, bakteri, atau bahan lainnya yang akan menjalankan fungsi untuk menurunkan konsentrasi pencemar
  3. Melakukan pembuangan limbah dari IPAL melalui saluran khusus pembuangan air limbah

Peraturan yang sama pun menyebutkan beberapa larangan perihal pembuangan air limbah yang berlaku bagi setiap orang, termasuk di dalamnya adalah :

  1. Dilarang melakukan pembuangan air limbah yang melebihi baku mutu yang telah ditetapkan
  2. Dilarang melakukan proses pengenceran dalam pengelolaan air limbah
  3. Dilarang membuang air limbah secara mendadak dan sekaligus
  4. Dilarang membuang air limbah yang melebihi volume maksimal yang diizinkan
  5. Dilarang membuang air limbah dengan cara menyatukan air limbah dan air hujan atau air lainnya yang tidak berkaitan dengan air limbah

Manfaat Instalasi Instalasi Water Treatment Plant Untuk Air Limbah

Ketika berbagai industri serempak untuk selalu mengolah air limbah dengan instalasi Water Treatment Plant, maka kita dapat memperoleh manfaat baik darinya. Beberapa manfaat pengolahan air limbah dengan instalasi Water Treatment Plant termasuk melindungi industri perikanan, melindungi habitat satwa liar, memperbaiki kualitas air dan menjaga kesehatan masyarakat serta kesehatan alam sekitar.

Tanpa pengolahan air limbah, maka keseimbangan alam akan terganggu dan kehidupan manusia pun akan terganggu pula. Kadar oksigen di udara akan menipis, populasi ikan dan satwa liar bisa terganggu, dan jika air limbah dibiarkan terus mencemari lingkungan, di kemudian hari dapat terjadi pembatasan penangkapan ikan, bahkan hingga penutupan tempat wisata seperti pantai dan fasilitas lainnya. Selain itu, sumber air yang bersih pun dapat tercemar dan terkontaminasi zat berbahaya dari air limbah.

Kontraktor Instalasi Water Treatment Plant Terpercaya

Jika Anda sedang mencari kontraktor instalasi Water Treatment Plant pastikan Anda mendapat cukup informasi tentang perusahaan kontraktor instalasi Water Treatment Plant yang terpercaya. Anda perlu memastikan kontraktor instalasi Water Treatment Plant tersebut memahami kebutuhan Anda, memahami aturan hukum yang berlaku di wilayah setempat serta mampu menjalankan Water Treatment Plant dengan baik.

Antares Multi Energi adalah sebuah perusahaan rehabilitasi yang telah berpengalaman dalam menjalankan tugas seperti instalasi Water Treatment Plant, rehabilitasi lahan pasca tambang, penghijauan di wilayah konstruksi, penghijauan hutan, dll.

Berkantor di Rukan Taman Pondok Kelapa Blok F No. 1, Jl. Pd. Kelapa Raya, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur, Antares Multi Energi telah menggarap berbagai proyek dari seluruh wilayah Indonesia dengan hasil yang memuaskan.

Mengapa Memilih Antares Multi Energi?

Saat ini telah bermunculan berbagai perusahaan kontraktor yang menyediakan jasa rehabilitasi, termasuk kontraktor Water Treatment Plant. Antares Multi Energi menjadi salah satu pilihan terbaik, karena berbagai keunggulan yang dimilikinya berbeda dari perusahaan dan kontraktor lain.

Antares Multi Energi mampu memberikan pelayanan terbaik dengan menjalankan kinerja yang meliputi :

  1. Pemeriksaan RKAB/Rantek/Gambar Kerja
  2. Observasi Lapangan
  3. Usulan Rencana Kerja
  4. Pelaksanaan, hingga
  5. Perawatan

Anda dapat mengonsultasikan berbagai kebutuhan dengan menghubungi Antares Multi Energi melalui email ke via-email di info@antaresenergi.com atau via-telepon di 0822-600-700-80. Dapatkan informasi portofolio proyek Antares Multi Energi dan berbagai produk serta layanan dengan mengunjungi situs web resmi dari Antares Multi Energi di www.antaresenergi.com.

Artikel Lainnya