info@antaresenergi.com

Apa itu Water Treatment Plant dan Bagaimana Cara Mencari Jasa Water Treatment Plant

Feb 4, 2021

Apakah Anda sedang mencari jasa water treatment plant?
Sebelum mencari informasi jasa water treatment plant, mari kita mulai mengenal apa itu water treatment plant dan manfaatnya bagi kehidupan masyarakat.

Mengenal Water treatment plant

Water treatment plant di dalam Bahasa Indonesia dikenal sebagai instalasi pengolahan air. Proses instalasi pengelolaan air ini bertujuan untuk mengolah berbagai sumber air yang berkualitas buruk menjadi air bersih berkualitas baik yang layak untuk dikonsumsi oleh masyarakat umum.

Seperti yang telah diatur pada Undang Undang No. 17 tahun 2019 tentang sumber daya air, bahwa Negara Republik Indonesia menjamin hak seluruh rakyat atas air yang sehat, bersih, berkualitas baik dan aman untuk memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari. Negara juga memprioritaskan hak rakyat atas air untuk pertanian dan penggunaan sumber daya air untuk usaha. 

Manfaat Water treatment plant

Instalasi Pengelolaan Air di masyarakat bisa memiliki manfaat yang beragam, di antaranya :

  1. Water treatment plant untuk Air Minum
    Tidak semua lokasi pemukiman memiliki sumber air jernih yang berkualitas tinggi. Ada beberapa titik lokasi yang memang memiliki sumber air dengan kualitas yang buruk atau tidak layak untuk konsumsi. Oleh karena itu, peran jasa water treatment plant sangat penting untuk mengolah dan memperbaiki kualitas air agar aman dan sehat dikonsumsi, serta terhindar dari bakteri dan jamur yang berbahaya.

  2. Water treatment plant untuk Kolam Renang
    Di Indonesia banyak sekali industri pariwisata maupun perorangan yang membutuhkan jasa water treatment plant untuk kolam renang. Mengelola kolam renang tidaklah mudah. Terlepas dari sumber air apa yang digunakan, kolam renang tetap berisiko berubah warna dan terlihat tidak bersih. Tentu hal ini akan merugikan industri pariwisata. Untuk itu, dibutuhkan jasa water treatment plant yang akan melakukan pengelolaan air dengan baik demi menjaga kebersihan kolam renang dari bakteri, jamur atau lumut. 
  3. Water treatment plant untuk Air Limbah
    Selain industri pariwisata, Indonesia juga memiliki banyak pabrik. Setiap pabrik tentu memiliki limbah atau sisa pembuangan setelah aktivitas produksi. Limbah-limbah ini jika tidak dikelola dengan baik, maka akan merugikan masyarakat sekitar dan mencemari lingkungan. Jasa water treatment plant sangat dibutuhkan untuk mengolah air limbah sebelum dibuang supaya tidak mengotori atau mencemari lingkungan sekitar pabrik.

Bahaya Air Limbah

Air limbah adalah air bekas yang kotor. Air limbah bisa berupa air limbah pabrik, air limbah industri rumahan, maupun air limbah rumah tangga pada umumnya. Kita tidak pernah tahu ancaman apa saja yang terkandung dalam air limbah. Di dalam air limbah terdapat berbagai zat-zat seperti , minyak, sabun, bahan kimia, sisa makanan, kotoran hewan, bahkan sampai kotoran manusia. 

Limbah juga termasuk limpasan dari air hujan. Meskipun beberapa orang beranggapan bahwa hujan yang turun di jalan cukup bersih, tapi sebenarnya tidak. Terdapat zat berbahaya yang mungkin saja tidak tampak di dalamnya.

Kita membutuhkan jasa water treatment plant untuk membantu mengelola air-air limbah berbahaya ini agar tidak mencemari lingkungan maupun merugikan masyarakat sekitar saat dibuang nanti. 

Mengapa Perlu Water Treatment Plant Untuk Air Limbah?

Alam memang memiliki kemampuan luar biasa untuk mengatasi berbagai polusi, termasuk air limbah. Tetapi, alam juga akan kewalahan jika air limbah yang mencemarinya terus-menerus menyerang dalam skala besar. Kita membutuhkan water treatment plant untuk air limbah demi mengelola limbah yang dihasilkan setiap hari sebelum dapat melepaskannya ke alam. Water treatment plant akan mengurangi polutan dalam air limbah ke tingkat yang dapat ditangani oleh alam.

Sebagai warga negara yang baik dan demi kelangsungan kehidupan yang berkualitas, kita perlu mengolah air limbah. Berikut adalah berbagai alasan kuat mengapa kita harus mengolah air limbah dengan water treatment plant :

  1. Melindungi Industri Perikanan
    Ikan-ikan di industri perikanan membutuhkan air dengan kualitas baik agar tetap hidup sehat dan dapat berdaya-guna bagi kita semua. Industri perikanan termasuk tempat pemancingan, penangkaran hewan air tawar, dan peternakan ikan.

  2. Melindungi Habitat Satwa Liar
    Industri pabrik dan berbagai pemukiman saat ini sudah masuk ke area-area habitat satwa liar yang berharga bagi negara kita. Tanpa kita sadari, aktivitas harian kita dan pemukiman yang dibangun telah mengganggu habitat satwa. 

    Satwa liar di luar sana sangat bergantung pada kondisi sungai, perairan laut, garis pantai, dan rawa-rawa, yang kini terancam tercemar karena air limbah yang dihasilkan manusia. Padahal, habitat ini adalah habitat kritis bagi ratusan spesies ikan dan kehidupan akuatik lainnya. 

    Karena itulah, kita membutuhkan jasa water treatment plant untuk melindungi lingkungan dan satwa liar yang hidup di dalamnya.


  3. Memperbaiki Kualitas Air untuk Menunjang Kehidupan yang Baik
    Air adalah sumber kehidupan dan juga tempat bermain yang disukai semua orang. Wisata air pun sangat digemari oleh masyarakat. Tentu dibutuhkan water treatment plant untuk menjamin bahwa kolam renang, tempat memancing dan tempat olahraga air lainnya aman bagi masyarakat.

  4. Menjaga Kesehatan Alam dan Masyarakat
    Tidak ada satu makhluk hidup pun yang mampu hidup tanpa air. Jika kita mengonsumsi air berkualitas buruk, maka kita akan mendapatkan berbagai penyakit. Kita tidak akan bisa hidup nyaman ketika sedang sakit. Untuk itu, kita membutuhkan jasa water treatment plant agar menjamin air yang kita konsumsi aman dan sehat.

Apa yang Akan Terjadi Jika Air Limbah Tidak Diolah?

Apabila air limbah tidak diolah dengan baik, kesehatan manusia serta lingkungan dapat terkena dampak negatif yang berbahaya. Dampak-dampak ini jika semakin parah dapat menyebabkan : 

  • Populasi ikan dan satwa liar terganggu
  • Pembatasan penangkapan ikan
  • Kadar oksigen menipis
  • Penutupan tempat wisata, seperti pantai dan kolam renang
  • Kontaminasi zat berbahaya pada air minum
  • Dll.

Antares Multi Energi Hadir Memberikan Jasa Water Treatment Plant

Pemilihan jasa water treatment plant tidak dapat dilakukan sembarangan. Tentu Anda tidak ingin menghabiskan banyak biaya namun tidak terjamin hasil yang memuaskan, bukan? Untuk itu Anda harus memilih jasa water treatment plant yang sudah terbukti memiliki kinerja yang baik dan terpercaya.

Antares Multi Energi adalah perusahaan rehabilitasi yang menyediakan jasa water treatment plant terbaik di Indonesia yang berkantor di Rukan Taman Pondok Kelapa Blok F No. 1, Jl. Pd. Kelapa Raya, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur. 

Antares Multi Energi telah terbukti berpengalaman dalam menangani berbagai proyek rehabilitasi, mulai dari pengelolaan air, rehabilitasi lahan pasca tambang, vegetasi dengan teknik hydroseeding, dan masih banyak lagi.

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai penawaran produk, Anda dapat mengunjungi situs web resmi Antares Multi Energi di www.antaresenergi.com atau menghubungi Antares Multi Energi melalui e-mail ke info@antaresenergi.com  dan telepon di 0822-600-700-80.

 

Artikel Lainnya