+62 822 600 700 80 info@antaresenergi.com

Jasa hydroseeding menjadi salah satu pilihan bagi mereka yang ingin memperbaiki struktur tanah pertanian, namun memiliki keterbatasan tenaga, ilmu dan peralatan. Jasa hydroseeding mungkin belum banyak ditemukan di Indonesia, namun penting untuk diketahui karena pentingnya untuk lingkungan hidup.

Perkembangan zaman yang semakin hari semakin pesat tentunya berpengaruh pada berbagai aspek.  Pada aspek perokonomian dan pembangunan tentu sangat bermanfaat, karena pembangunan yang menyeluruh akan memicu perekonomian warga menjadi lebih baik. Akan tetapi aspek lingkungan hidup kurang mendapat perhatian sehingga banyak kerusakan lingkungan hidup.

Kerusakan lingkungan hidup juga beragam. Mulai dari polusi udara, pencemaran lingkungan akibat limbah-limbah pabrik dan sampah, hingga kerusakan lahan. Kerusakan lahan ini pada umumnya diakibatkan oleh penambangan ataupun alih fungsi lahan. Lahan yang rusak ini biasanya gundul, tidak lagi ditanami pepohonan sehingga lingkungan sekitar menjadi terpengaruh. Misalnya saja cuaca menjadi panas, banjir atau longsor.

Untuk mengatasi masalah tersebut, ada berbagai cara yang bisa digunakan. Salah satunya adalah dengan cara hydroseeding. Hydroseeding merupakan metode penanaman dengan cara menyemprotkan campuran biji tanaman, air, mulsa dan bahan pemantap tanah pada lahan yang akan ditanami. Cara ini dirasa mempunyai banyak keunggulan, yaitu:

  1. Hemat Waktu
    Menanam sekian hektar lahan tentu akan membutuhkan waktu yang tidak sebentar jika dikerjakan secara manual. Mulai dari persiapannya, hingga proses penanamannya tentu membutuhkan banyak waktu. Bisa berminggu-minggu hingga berbulan-bulan, tergantung luas area yang akan ditanami.Hydroseeding seolah menjadi solusi dari masalah di atas. Dengan sistem hydroseeding, proses penanaman kembali lahan kosong menjadi lebih cepat. Hal ini dikarenakan pada sistem hydroseeding, campuran biji tanaman, air, mulsa dan bahan pemantap tanah dimasukkan ke dalam tangki dan disemprotkan menggunakan alat. Hal ini tentu lebih menghemat waktu dibandingkan dengan menanami lahan dengan benih satu per satu.
  2. Hemat Tenaga
    Selain menghemat waktu, sistem hydroseeding juga bisa membantu menghemat tenaga. Hal ini dikarenakan pengerjaannya dibantu dengan dengan alat. Penggunaan alat tentunya dapat menghemat tenaga, karena yang dibutuhkan hanya operator alat dan beberapa tenaga untuk menyiapkan lahan dan juga campuran benih yang akan ditanam. Penggunaan tenaga yang terbilang minim ini tentunya juga menambah keefektivitasan dalam proses penanaman kembali lahan yang rusak.
  3. Penanaman Merata
    Sistem hydroseeding menggunakan tangki untuk menyemburkan campuran benih tumbuhan, air, mulsa dan bahan pemantap tanah. Campuran ini akan lebih tertanam dengan merata di lahan yang ditanami. Bahkan area yang sulit terjangkau juga bisa ditanam dengan mudah dengan hydroseeding. Dengan penanaman yang merata, tentu hasilnya pun juga lebih merata.
  4. Tanaman Tumbuh Lebih Cepat
    Dalam sistem hydroseeding, benih yang ditebar tidak hanya benih yang berkualitas, namun juga disertai dengan air, mulsa dan bahan pemantap tanah sehingga pertumbuhan tanaman jadi lebih cepat. Hal ini dikarenakan benih tumbuhan jadi lebih mudah untuk mencari nutrisi untuk tumbuh. Dengan pertumbuhan tanaman yang lebih cepat, maka kerusakan lingkungan juga lebih cepat teratasi.
  5. Perawatan Lebih Mudah
    Perawatan tanaman tidak sulit. Hal ini dikarenakan adanya bahan penguat tanah yang dapat membantu menstabilkan tumbuhan untuk tumbuh. Tentu saja ini akan menghemat waktu, tenaga dan juga biaya.

Melihat banyaknya keunggulan dari proses hydroseeding, maka tidak ada salahnya menggunakan jasa hydroseeding untuk membantu penanaman kembali lahan yang rusak guna menyelamatkan lingkungan hidup.

Proses hydroseeding yang lebih evektif dan memiliki banyak keuntungan tentu banyak diminati banyak orang. Akan tetapi tidak semua orang bisa melakukan proses hydroseeding sendiri. Oleh karena itu jasa hydroseeding menjadi angin segar yang bisa menjadi solusi untuk mengatasi masalah tersebut.

Banyaknya jasa hydroseeding yang ada di pasaran tentu membingunggakan konsumen yang akan memilihnya. Oleh karena itu penting mengetahui bagaimana cara memilih jasa hydroseeding yang baik dan terpercaya. Berikut tips memilih jasa hydroseeding yang terpercaya

      1. Profesional
        Pilih jasa hydroseeding yang profesional. Bagaimana mengetahui bahwa jasa hydroseeding tersebut profesional? Salah satunya dengan adanya website. Jasa hydroseeding yang profesional tentu saja mempunyai website untuk menginformasikan jasa pelayanannya. Tampilan website juga bisa menunjukkan seberapa profesional jas hydroseeding tersebut. Semakin bagus websitenya, kualitas jasa hydroseeding tersebut tentunya juga semakin baik.
      1. Komunikasi
        Komunikasi adalah hal yang penting terutama dalam menjalin kerja sama, termasuk dengan jasa hydroseeding. Jika jasa hydroseeding mudah dihubungi dan komunikasi yang dilakukan bisa melalui dua arah, bisa dipastikan jasa hydroseeding tersebut berkualitas baik.
      1. Pelayanan
        Jasa hydroseeding
        tentu saja menjual pelayanan. Oleh karenanya pelayanan yang diberikan tentu harus maksimal. Mulai dari persiapan hingga pengerjaan, semua pelayanan harus maksimal. Proses hydroseeding sendiri pada umumnya akan dibagi menjadi beberapa tahapan. Pertama, tentu saja pengajuan rancangan anggaran biaya. Dalam tahap ini, jasa hydroseeding harus bisa menyesuaikan anggaran biaya dengan permintaan klien.Tahap selanjutnya adalah observasi lapangan, yaitu meninjau lahan atau area yang akan ditanami dengan proses hydroseeding. Tahap ini penting untuk melihat apa saja yang akan diperlukan dan dibutuhkan dalam proses pengerjaan hydroseeding. Selesai tahap ini pun, jasa hydroseeding perlu memberikan rencana pengerjaannya. Jika rencana pengerjaan sudah disetujui, maka selanjutnya dibuatkan kontrak atau perjanjian yang harus disepakati oleh kedua belah pihak. Tahap terakhir adalah pengerjaan.Tentunya, pada semua tahapan ini jasa hydroseeding harus memberikan layanan yang baik dan memuaskan. Jika ada pelayanan yang kurang baik pada setiap tahapnya, jasa hydroseeding tersebut tidak bisa disebut sebagai jasa hydroseeding yang berkualitas baik.
      1. Testimoni
        Cara lain mengetahui bagaimana jasa hydroseeding yang dipilih adalah jasa hydroseeding yang baik dan terpercaya adalah dengan melihat testimoni. Pesan dan kesan dari pelanggan sebelumnya yang sudah menggunakan jasa hydroseeding bisa menjadi rujukan apakah jasa hydroseeding tersebut baik atau buruk.Testimoni bisa ditanyakan langsung pada klien yang sudah menggunakan jasa hydroseeding tersebut sebelumnya. Kalau cara ini suliit dilakukan, maka tidak ada salahnya untuk melihat website jasa hydroseeding tersebut. Biasanya pada website tertera testimoni-testimoni dari pelanggan-pelanggan sebelumnya. Baca dengan seksama dan teliti setiap testimoni untuk mengetahui keunggulan dan kekurangan dari jasa hydroseeding yang akan dipilih.

Bukan hal yang mustahil untuk memperbaiki kerusakan lingkungan. Jasa hydroseeding bisa menjadi salah satu solusi untuk mewujudkannya. Hal yang perlu diperhatikan adalah bagaimana cara memilih jasa hydroseeding yang memiliki kualitas baik dan terpercaya. Tidak mau kan jika pengerjaan hydroseeding dilakukan oleh pemberi jasa yang abal-abal. Salah-salah bukannya memperbaiki kerusakan lingkungan, justru malah menambah kerusakan yang ditimbulkan.

Jika tidak mau mengalami hal tersebut, tentunya harus berhati-hati dan mempertimbangan jasa hydroseeding mana yang akan dipilih. Pilihan jasa hydroseeding yang Anda buat akan berpengaruh pada lingkungan hidup yang akan Anda perbaiki.