info@antaresenergi.com

Antares energi Kontraktor Bioremediasi Berkualitas

Dec 30, 2018

Lingkungan merupakan salah satu unsur kehidupan penunjang makhluk hidup di muka bumi. Lingkungan ini mencakup aspek yang sangat luas. Mulai dari tanah, air, udara, serta segala sesuatu yang berada di sekitar makhluk hidup adalah definisi dari lingkungan. Lingkungan memegang peranan yang sangat penting terhadap kelangsungan makhluk hidup yang mendiaminya. Karena memiliki peranan yang sangat krusial, maka kondisi lingkungan perlulah diperhatikan kualitasnya.

Seiring dengan perkembangan berbagai teknologi yang memudahkan manusia, semakin banyak pula industri berkembang baik industri berbagai macam barang-barang, makanan, serta kendaraan bermotor. Tidak dipungkiri di samping perkembangan berbagai teknologi, ancaman terhadap keberlangsungan lingkungan yang asri menjadi terganggu. Berbagai polusi atau pencemaran lingkungan kini menjadi sesuatu yang lazim ditemui sebagai dampak negatif dari perkembangan dunia industri.

Sebagai contoh, air sungai dapat bercampur dengan limbah cair dari pabrik yang dibuang langsung. Pencemaran ini jelas mengancam kehidupan berbagai hewan air tawar yang ada di dalamnya. Jauh air sungai mengalir akan berakhir ke laut. Jika polusi air ini terus berlanjut sampai muara bahkan sampai ke laut, maka lingkungan laut tentu juga akan mengalami dampak negatif yang sama. Contoh lain dari pencemaran atau polusi air yakni tumpahnya minyak bumi ke lautan yang juga bisa memicu pencemaran. Kondisi ini juga akan mengancam kelangsungan hidup biota laut yang berada di sana.

Beralih ke pencemaran tanah, pembuangan sampah hingga logam berat berbahaya yang tidak ditangani dengan semestinya menjadi contoh penyebab terjadinya pencemaran tanah. Jika hal ini terus dibiarkan maka, dampak yang akan dirasakan secara langsung adalah kesuburan tanah yang akan terganggu sehingga turut mempengaruhi pertumbuhan tanaman di atasnya. Selain dari pencemaran berbagai zat, aktivitas manusia seperti penambangan juga menyumbang terjadinya kerusakan tanah. Penanganan mine closure yang tidak sesuai dan tidak maksimal menyebabkan lahan tidak bisa kembali pulih seperti semula sehingga terbengkalai dan tandus.

Jenis polusi selanjutnya adalah polusi udara. Asap kendaraan bermotor menjadi penyumbang besar terjadinya polusi udara ini. Selain itu, asap pabrik serta kebakaran hutan menjadi urutan selanjutnya dalam penyumbang banyaknya polusi udara yang berakibat pada meningkatnya suhu bumi yang kemudian dikenal dengan global warming.

Adalah tanggung jawab sebagai manusia dalam menjaga kelestarian lingkungan. Sadar betapa pentingnya lingkungan yang sehat maka berbagai kegiatan yang berkaitan dengan pemeliharaan lingkungan kini gencar dilaksanakan. Dalam pelaksanaannya ini, peran perusahaan khusus yang membantu dalam upaya pengembalian fungsi lingkungan sangatlah perlu. Berbagai cara juga turut dilakukan mulai dari penanaman pohon kembali hingga bioremediasi.

Biormidiasi berasal dari kata bios yang artinya hidup dan remediate yang berarti penyelesain masalah. Secara harfiah bioremediasi adalah penggunaan agen hidup atau organisme untuk membantu menyelesaikan masalah terutama permasalahan yang berhubungan dengan lingkungan. Adapun permasalahan yang biasanya diselesaikan dengan cara melakukan bioremediasi adalah permasalahan seperti pencemaran tanah oleh zat tertentu, pencemaran air tanah, pencemaran air permukaan, dan sebagainya. Adapun agen hidup yang digunakan bisa berupa mikroorganisme dari berbagai golongan misal bakteri yang memiliki fungsi tertentu yang disesuaikan dengan kondisi lingkungan yang tercemar dan mengalami kerusakan.

Adapun mekanisme penggunaan organisme ini karena organisme tertentu tersebut dapat menguraikan senyawa atau bahan organik maupun anorganik dari zat pencemar sehingga menjadikan kondisi lingkungan yang tercemar menjadi netral kembali. Beberapa contoh organisme yang digunakan untuk kegiatan bioremediasi adalah sebagai berikut:

  1.     Bakteri dari genus Pseudomonas sp yang mampu mendegradasi berbagai jenis hidrokarbon yang sangat membantu dalam upaya bioremediasi lingkungan yang tercemar minyak bumi.
  2.     Bakteri Endogen dari jenis Bacillus. Bakteri dari genus ini mampu membantu menguraikan senyawa H2S yang ada di lingkungan tambak. Dengan minimnya kadar H2S, maka produksi hasil tembak menjadi semakin baik.
  3.     Bakteri Acinetobacter. Bakteri dari golongan ini dapat membantu menguraikan senyawa hidrokarbon dalam minyak sehingga membantu lingkungan yang tercemar minyak untuk menjadi lebih netral.

Selain ketiga jenis bakteri di atas, masih ada sangat banyak organisme yang dapat diperbantukan untuk membantu mengembalikan kondisi lingkungan dengan menguraikan atau mendegradasi zat pencemar lingkungan tersebut. Bahkan dewasa ini, ada bakteri bernama Ideonella sakaiensis yang dapat membantu menguraikan sampah botol plastik, hebat sekali.

Kemampuan berbagai jenis organisme dalam membantu mengembalikan kondisi lingkungan melalui kegiatan bioremediasi ini dimanfaatkan oleh perusahaan –perusahaan tertentu yang memang khusus bergerak di bidang bioremediasi lingkungan. Adapun perusahaan yang berkompeten dalam bidang ini adalah Antares Energi. Antares Energi adalah perusahaan  kontraktor bioremediasi yang sudah terkenal akan kualitasnya dalam melakukan remediasi lingkungan.

Kontraktor bioremediasi Antares Energi telah berpengalaman selama bertahun-tahun dalam menangani kasus pencemaran lingkungan. Adapun dalam proses bioremediasi yang dilakukan, Antar Energi menggunakan organisme pilihan yang telah jelas memiliki kualitas yang baik yang tentu saja sudah terbukti oleh penelitian para ahli. Adapun pemilihan organisme yang digunakan dalam proses bioremediasi disesuaikan dengan jenis dan kondisi lingkungan yang tercemar.

Kontraktor bioremediasi Antares Energi berfokus pada pengembalian lingkungan sehingga kondisi lingkungan dapat kembali seperti sedia kala. Dengan kembalinya konsidi lingkungan yang asri tanpa bahan pencemar, kelangsungan makhluk hidup di sekitarnya juga akan terjaga. Lingkungan pun dapat dimanfaatkan untuk keperluan yang lebih penting lagi atau fungsinya dapat kembali seperti sedia kala. Tenaga ahli yang menangani proses remidiasi dari kontraktor bioremediasi Antares Energi adalah tenaga ahli yang benar-benar menguasi hal-hal yang berkaitan dengan lingkungan dan bioremediasi, sehingga dalam proses pengerjaan tidak diragukan lagi kualitasnya.

Kontraktor bioremediasi Antares Energi telah banyak mengerjakan proyek yang berkaitan dengan upaya pengembalian kondisi lingkungan dengan menggunakan bantuan organisme dalam prosesnya. Tingkat keberhasilan bioremediasi yang dilakukan oleh kontraktor bioremediasi Antares Energi juga sangat tinggi. Hal ini merupakan komitmen dari perusahaan untuk menjadikan kondisi lingkungan yang telah tercemar kembali seperti sedia kala. Tidak hanya lingkungan sungai, tanah, bahkan bekas tambang pun dapat ditangani oleh tim ahli dari Antares Energi.

Antares Energi berkantor di Rukan Taman Pondok Kelapa, Blok F No.1 Jalan Pondok Kelapa Raya, Duren Sawit, Pondok Kelapa, Jakarta. Untuk menggunakan jasa dari kontraktor bioremediasi Antares Energi, calon klien dapat datang langsung ke kantor atau mengirimkan email ke alamat surel info@antareseneri.com atau menghubungi di nomor 082260070080. Adapun dalam melakukan mekanisme bioremediasi, Antara Energi akan melakukan sesuai dengan SOP yang diterapkan yakni mulai dari cek rencana dan RKAB, memulai observasi lapangan, membuat usulan perencanaan, pembuatan kontrak, dan kemudian mulai melakukan pengerjaan dimana selama pengerjaan hingga hasil mulai terlihat, Antares Energi akan terus melakukan pemantauan berkala.

Betapa pentingnya lingkungan untuk kelangsungan hidup makhluk di sekitarnya. Berangkat dari hal tersebut maka Antares Energi akan yang merupakan kontraktor bioremediasi akan bekerja sepenuh hati dan sungguh-sungguh demi mengembalikan kondisi lingkungan seperti sedia kala. Karena lingkungan adalah warisan utama bagi generasi penerus kita.

Artikel Lainnya