+62 822 600 700 80 info@antaresenergi.com

Tentang Kami

PT Antares Multi Energi didirikan untuk memenuhi kebutuhan dunia pertambangan dalam bidang konsultansi pertambangan. Kami melakukan konsultan pertambangan mulai dari kegiatan eksplorasi, penghitungan cadangan, teknik penambangan (eksploitasi), pengolahan bahan tambang hingga penanganan lahan pasca tambang.

Penanganan lingkungan dan lahan pasca tambang sering salah dalam penerapannya. Penanganannya dilakukan parsial dan tidak terintegrasi dengan rencana perusahaan tambang itu sendiri. Akibatnya adalah metoda dalam melakukan reklamasi dan revegetasi area lahan tambang menjadi tidak efisien, biaya menjadi besar dan tujuan pengelolaan lingkungan pasca tambang menjadi tidak tercapai. Hal itu ditandai dengan munculnya air asam tambang, revegetasi tidak tercapai dan timbulnya limbah B3.

Kenapa menggunakan jasa kontraktor reklamasi tambang di Antares? Karena kami memiliki tenaga ahli dan profesional di bidang penanganan lingkungan. Selain itu, kami juga memahami detail penambangan dan pengolahan bahan tambang. Keunggulan utama kami dibanding perusahaan lain adalah penggunaan potensi sumber daya yang ada di site atau sekitarnya. Tujuannya adalah agar tanaman yang akan ditanam lebih adaptif dan cepat tumbuh. Sehingga metoda yang digunakan dalam melakukan reklamasi tambang akan efektif dan efisensi biaya akan tercapai.

Variatifnya permasalahan reklamasi di setiap area tambang bukan menjadi kendala utama dalam melakukan reklamasi dan revegetasi tambang. Kondisi tersebut dapat diberikan berbagai macam alternatif solusi dengan team yang ahli dan berpengalaman di PT Antares Multi Energi.

SERVICES

1. Reklamasi dan Revegetasi

Berdasarkan Permen ESDM no 26 tahun 2018, bahwa kegiatan reklamasi dan revegetasi direncanakan dari sebuah usaha pertambangan selama periode operasi produksi terangkum dalam Dokumen Rencana Reklamasi dimana merupakan dasar penetapan jaminan reklamasi. Dan setiap tahun kegiatan penilaian terhadap rencana yang buat secara rutin dilakukan oleh tim direktorat teknik lingkungan minerba.

Jasa Layanan:

  • Penyusunan konsep dan peruntukan rencana reklamasi lahan berdasarkan status lahan penambangan, dengan memaksimalkan ketersediaan sumberdaya di sekitar dan kondisi riil di lapangan kemudian disesuaikan peraturan yang berlaku. Penyusunan ini melalui proses studi di lapangan secara langsung dan testing demplot.
  • Penyusunan dokumen rencana kerja reklamasi dimana biasanya berlaku selama 5 tahun atau disesuaikan dengan dokumen studi kelayakan penambangan atau FS. Dokumen ini menjadi dasar penetapan jaminan reklamasi di bank pemerintah.
  • Membantu merencanakan pengelolaan runoff dan tata kelola air limbah dari kegiatan penambangan mineral dan batubara.
  • Eksekusi kegiatan reklamasi dan revegetasi di lapangan dimana disesuaikan dengan capaian rencana penambangan dan dokumen rencana kerja reklamasi. Dimana salah satu persyaratan komposisi tanaman pohon saat ini adalah 60% jenis tanaman pohon non lokal dan 40% jenis tanaman pohon lokal.
  • Pengelolaan tanah pucuk dan beberapa solusi untuk alternatif soil untuk mendukung kegiatan reklamasi dan revegetasi di lapangan.
  • Penyusunan laporan implementasi tahunan kegiatan reklamasi dan revegetasi lahan dan rencana kerja reklamasi di tahun berikutnya dimana disampaikan kepada Direktorat Jenderal Mineral dan Batubara Kementerian ESDM.

 

2. Pengelolaan Limbah B3

Sebagai dasar pengelolaan limbah B3 atau bahan berbahaya beracun adalah mengacu pada Peraturan Pemerintah RI Nomor 101 Tahun 2014.

Jasa Layanan:

  • Mengidentifikasi limbah B3 berdasarkan jenis.
  • Membantu perusahaan penghasil limbah B3 mengelola limbahnya danmempertemukan dengan perusahaan transporter dan pengelola/pengolah/landfill limbah B3.

 

3. Penyiapan Dokumen Rencana Pasca Tambang

Dokumen rencana pascatambang saat ini menjadi salah prasyarat dikeluarkannya izin eksploitasi atau izin operasional produksi, artinya dokumen ini disusun berdasarkan dokumen studi kelayakan produksi dan dokumen rencana kerja reklamasi.

Kami menyadari semakin pentingnya keberadaan dokumen rencana pascatambang bagi industri pertambangan minerals sejak awal operasional produksi.

Pelaksanaan perencanaan pascatambang tersebut dimulai dengan studi kepatuhan terhadap dokumen ANDAL baik RKL dan RPL, realisasi kegiatan reklamasi dan revegetasi berdasarkan dokumen rencana kerja reklamasi, beberapa studi teknis kemudian diterjemahkan berupa rencana ke dalam gambar dan spesifikasi konstruksi.

Kesemuanya berdasarkan format yang diatur dengan Peraturan Menteri ESDM no 26 tahun 2018

Jasa Layanan:

  • Mengidentifikasi dan mengumpulkan semua informasi yang diperlukan dalam penyusunan rencana pascatambang.
  • Kriteria informasi dan tata penyusunan dokumen rencana pascatambang yang mengacu pada Peraturan Menteri ESDM no 26 tahun 2018
  • Mengidentifikasi kontaminasi lahan dan melakukan remediasi.
  • Mengembangkan strategi dan konsep peruntukan lahan pascatambang.
  • Menyusun program kerja pascatambang, termasuk pembiayaannya
  • Penyusunan rencana kriteria sukses, berdasarkan situasi di lapangan dan kesesuaian dengan peraturan pemerintah yang berlaku.
  • Bantuan dengan konsultasi publik atau keterlibatan stakeholder.
  • Membantu pengajuan dokumen rencana pascatambang kepada pemerintah melalui Direktorat Teknik Lingkungan, Direktorat Jenderal Mineral dan Batubara dibawah Kementerian Energi dan Sumber Daya Minerals.