+62 822 600 700 80 info@antaresenergi.com

Sebelum menjadi Supplier Hydroseeding, Ini Lho Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan

 

Supplier hydroseeding menjadi usaha yang menjanjikan. Namun untuk menjadi supplier hydroseeding tidaklah mudah, karena itu banyak hal yang perlu diperhatikan

Salah satu dampak yang disebabkan oleh aktivitas penambangan yaitu terjadinya perubahan lahan. Akibatnya dari aktivitas tersebut jika tidak diiringi dengan pengelolaan yang tepat dan bijak akan berakibat pada berubahnya fungsi dari suatu lahan. Potensi tanah yang akan menuju pada kerusakan dan terganggunya fungsi tanah dapat terjadi jika pengelolaan lahan dilakukan dengan cara yang kurang tepat.

Maka dari itu perlunya Anda untuk mengenal beberapa metode yang bisa Anda pakai dalam mengelola fungsi tanah dan air salah satunya yaitu dengan metode vegetatif. Metode vegetatif menjadi salah satu metode konservasi tanah dan air yang bisa Anda gunakan mengingat metode ini menggunakan bahan dan peralatan yang lebih mudah untuk Anda dapatkan. Apa itu metode vegetatif? Metode vegetatif merupakan salah satu metode penanggulangan lahan melalui penggabungan jenis dan atau tipe vegetasi dengan teknik dan atau sistem dalam penanaman yang bertujuan untuk proteksi, rehabilitasi, peningkatan dan pemeliharaan fungsi dari suatu lahan yang terganggu.

Salah satu metode vegetatif yang bisa Anda gunakan yaitu metode hydroseeding. Hydroseeding merupakan salah satu metode dengan cara penanaman melalui pencampuran biji benih dengan nutrien dengan formulasi khusus di dalam tangki hydroseeding dengan media air sehingga menyebabkan campuran tersebut bersifta homogen. Kemudian campuran bahan tersebut disebarkan di atas tanah yang fungsinya terganggu.

Pada umumnya metode hydroseeding menggunakan mesin penyemprot yang dipasang pada kendaraan bertangki. Akan tetapi untuk kondisi tanah tebing cara ini akan sulit diterapkan mengingat kendaraan yang digunakan memiliki ukuran yang cukup besar sehingga mobilitasnya pun terbatas. Namun Anda tak perlu khawatir karena tekhnik hydroseeding dapat Anda lakukan secara manual yang biasa disebut Manual Hydroseeding. Caranya dengan membawa semua perlengkapan dan bahan yang diperlukan, kemudian melakukan penyampuran dan penyemprotan secara manual langsung di lokasi tanah yang menjadi target.

Banyak diantara Anda yang mungkin ingin menggunakan metode ini, atau barangkali Anda memiliki keinginan untuk bekerja sebagai supplier hydroseeding yang menyediakan jasa ini sesuai dengan keinginan masyarakat. Berikut ini adalah hal-hal yang perlu Anda perhatikan untuk menjadi supplier hydroseeding yang tepat dan sesuai kebutuhan.

Sebelum Anda mengetahui lebih jauh tentang metode hydroseeding, alangkah baiknya untuk kita bahas terlebih dahulu darimana sejarah metode ini diciptakan pertama kali. Metode hydroseeding pertama kali diciptakan dari negara Amerika Serikat untuk menemukan teknik penanaman yang lebih cepat dan efektif dibandingkan dengan metode manual yang memakan waktu lebih lama ketika diaplikasikan pada lahan yang luas. Penggunaan metode hydroseeding sendiri lebih banyak diterapkan pada lahan bekas tambang yang cenderung memiliki kondisi tanah yang buruk karena telah hilangnya unsur hara yang berpengaruh pada sedimentasi tanah.

Penggunaan biji tanaman yang sesuai dengan kebutuhan lahan Anda menjadi salah satu hal yang perlu diperhatikan. Jenis biji tanaman yang bisa Anda aplikasikan antara lain yang memiliki sifat grow native species dan jenis pohon buah-buahan. Menjadi supplier hydroseeding harus mengetahui beberapa jenis biji tanaman yang tergolong dalam jenis LCC (Legume Cover Crop) antara lain Centrosema pubescens (CP), Calopogonium mucunoides (CM), Pueraria javanica (PJ), Mucuna bracteata(MB) dan Crotolaria juncea (CJ). Jenis-jenis biji tanaman tersebut memiliki fungsi dan manfaat yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan dan masalah lahan yang dialami.

Kemudian bagaimana menjadi supplier hydroseeding yang dapat memaksimalkan pertumbuhan biji tanaman sekaligus memberikan kestabilan pada lahan lereng? Untuk mendapatkan hasil maksimal dari metode ini Anda bisa menggunakan blangket/jaring yang menggunakan bahan dari serabut kelapa kayu atau jerami. Anda dapat mengaplikasikan blangket ini sebelum proses penyebaran campuran hydroseeding.

Kelebihan lain yang perlu supplier hydroseeding ketahui dengan penggunaan blangket ini antara lain mengurangi kemungkinan adanya erosi pada tanah berbentuk lereng atau menjadi solusi agar biji tanaman hydroseeding dapat menempel untuk tanah dengan kondisi tebing yang curam juga berfungsi untuk tempat penyimpanan air karena blangket sendiri memiliki sifat porous dan mudah pemasangannya di tanah lapang.

Kemudian dari penggunaan metode hydroseeding ini ada beberapa manfaat yang harus diketahui oleh supplier hydroseeding antara lain:

  • Penggunaan metode hydroseeding sendiri dapat diterapkan pada beberapa kondisi seperti tanah lempungan, pasir dan tanah dengan kemiringan lebih dari 450.
  • Pertumbuhan benih yang lebih baik dan seragam dapat Anda dapatkan dengan metode hydroseeding karena penyebaran benihnya yang lebih merata.
  • Pertumbuhan tanaman yang cenderung lebih cepat dan mudah dipredikisi jka dibandingkan dengan penanaman model manual.
  • Karena metode hydroseeding sudah menggunakan alat bantu baik untuk penyebaran benih maupun langkah-langkah lainnya, itu berpengaruh kepada penggunaan sumber daya manusia yang lebih sedikit.
  • Keunggulan lain yang bisa Anda dapatkan sebagai supplier hydroseeding adalah proses perawatan benih yang relatif mudah jika dibandingkan dengan penanaman manual karena sudah adanya alat bantu tambahan yang memiliki fungsi sebagai penguat dan penstabil.
  • Benih yang disebar menggunakan metode hydroseeding dapat memberikan efek pertumbuhan tanaman yang sempurna. Akan tetapi perlu Anda ketahui agar proses perkecambahan berjalan baik, pemberian campuran mulsa harus sesuai dengan takaran yang direkomendasikan. Perhatikan pula kondisi cuaca saat Anda akan melakukan aktivitas penyebaran hydroseeding. Jika penyebaran dilakukan pada saat musim hujan, potensi benih yang disebar untuk tergerus air hujan lebih besar. Jadi dibutuhkan proses penanaman yang cermat agar manfaat bisa didapatkan lebih cepat.
  • Selain itu dengan metode penanaman hydroseeding Anda dapat menerapkannya di tepi jalan raya atau jalan tol dengan kondisi tanah yang miring sebagai tambahan untuk memperindah pemandangan sehingga memberikan nuansa asri dan sejuk kepada para pengguna jalan yang sedang melintas.

Dari uraian di atas dapat menjadi pertimbangan untuk Anda yang ingin menyediakan jasa supplier hydroseeding tentang bagaimana cara penggunaan alat dan penerapannya di kondisi tanah yang sesuai dengan kebutuhan. Alangkah baiknya sebelum Anda membuka jasa tersebut dan ingin menerapkannya di tanah yang luas, terlebih dahulu untuk mempelajari teorinya lebih dalam tentang bagaimana menerapkan hydroseeding beserta dengan langkah-langkahnya agar lebih efektif. Anda juga bisa tanyakan kepada ahli yang lebih senior dan berpengalaman dalam penggunaan metode hydroseeding.

Selain itu perlunya untuk mencoba terlebih dahulu di tanah pribadi Anda dengan ukuran tanah yang tidak terlalu luas sehingga jika terjadi kegagalan pada percobaan pertama tidak terlalu mengeluarkan banyak biaya. Gunakan metode hydroseeding manual terlebih dahulu untuk melihat hasilnya pada percobaan pertama. Kalau perlu Anda minta untuk didampingi senior yang sudah biasa melakukan metode ini sehingga peluang kegagalan dapat Anda minimalisir sedini mungkin. Tidak perlu takut dengan setiap kegagalan yang akan Anda hadapi, karena pada dasarnya setiap supplier hydroseeding yang sudah besar pun pernah mengalami kondisi yang sama. Selamat mencoba.