+62 822 600 700 80 info@antaresenergi.com

Keuntungan dan Kerugian Pertambangan

Dewasa ini, kegiatan pertambangan menjadi diminati karena keuntungannya yang besar. Salah satunya adalah meraup profit yang berlipat-lipat. Selain keuntungan besar ini, kegiatan industri pertambangan juga menjadi ajang para pengangguran untuk mendapatkan pekerjaan yang layak karena berupah cukup tinggi.

Di balik keuntungannya yang luar biasa besar dan menggiurkan, ironinya pertambangan adalah kegiatan yang bersifat paling merusak di muka bumi. Pertambangan bersifat merusak karena dalam kegiatan menambang, para pelaku harus membongkar tanah dan menghancurkan kenampakan alam seperti gunung, bukit, hutan, sungai, laut dan bahkan pemukiman dengan penduduk yang padat seperti di daerah perkampungan.

Dampak Pertambangan pada Lingkungan Hidup

Adanya kerugian besar tersebut tentu berefek buruk pada lingkungan hidup di sekitar kita. Ketika dilakukannya kegiatan pertambangan, maka para pelaku membutuhkan objek yang harus dihancurkan dan dirusak. Salah satunya adalah lahan penduduk dan bahkan hutan-hutan rimbun yang menjadi ekosistem banyak jenis flora dan fauna untuk diubah menjadi lahan tambang penggalian, pengambilan sumber daya alam yang dibutuhkan, pemisahan unsur-unsur mineral hingga pengolahannya.

Dalam proses penggalian, tentu saja permukaan tanah yang tadinya subur akan menjadi tandus. Permukaan tanah yang tandus ini disebabkan oleh proses penggalian dan pengambilan batuan juga mengambil sumber air dalam tanah atau hidrologi. Alhasil, munculah lubang-lubang besar di atas permukaan tanah yang sudah tandus karena kehilangan sumber air tersebut.

Menanggulangi Kerusakan Lingkungan Akibat Pertambangan dengan Hydroseeding

Kerugian besar karena proses pertambangan tentu saja harus ditanggulangi. Jika tidak, maka tanah bekas pertambangan akan menjadi tanah yang tandus, rusak dan beresiko menyebabkan bencana alam seperti tanah longsor dan kekeringan. Jika terjadi kekeringan maka hal ini akan merugikan penduduk sekitar untuk kelangsungan hidup mereka.

Untuk mencegah bencana-bencana tersebut, maka solusi yang dilakukan adalah dengan melakukan reboisasi dengan cara menanami bibit pohon pada tanah bekas pertambangan. Namun, jika tanahnya sudah terlalu kering, rusak dan tak dapat diolah kembali, biasanya akan dilakukan alternatif dalam proses reboisasi yaitu dengan menggunakan proses hydroseeding.

Hydroseeding adalah proses penghijauan kembali tanah yang tandus dengan menggunakan benih dan unsur hara yang sudah diformulasi khusus. Benih dan unsur hara khusus ini dicampur dengan air hingga ketiga unsur ini menyatu. Air yang sudah tercampur dengan bahan-bahan khusus ini kemudian akan disemprotkan ke atas permukaan tanah dengan menggunakan mesin hydroseeding. Dimana untuk melakukannya, kita harus mendapatkan mesin tersebut dengan menghubungi jasa Harga Jual Mesin Hydroseeding.

Cara Memilih Jasa Harga Jual Mesin Hydroseeding

Karena ukurannya yang besar dan membutuhkan biaya yang tidak sedikit, hanya ada beberapa pihak yang menyediakan jasa Harga Jual Mesin Hydroseeding. Maka dari itu, anda perlu memperhatikan unsur-unsur di bawah ini:

  • Perhatikan Kualitas Barang dari Pihak Jasa Harga Jual Mesin Hydroseeding
    Pada dasarnya, ketika ada barang bagus, maka kita akan termakan kiasan pada pandangan pertama untuk membeli barang yang kita inginkan. Namun, dalam membeli mesin dari penyedia jasa Harga Jual Mesin Hydroseeding, anda harus memperhatikan reputasi dari si penjual. Jika banyak pelanggan yang komplain dan kecewa dengan pelayanan dari penyedia jasa Harga Jual Mesin Hydroseeding, bisa dipastikan bahwa kualitas mesin tidak terlalu bagus.
  • Jangan Malu Bertanya pada Pihak Penyedia Jasa Harga Jual Mesin Hydroseeding
    Minimnya pengetahuan tentang mesin hydroseeding, biasanya akan membuat kita mencari-cari info sendiri tentang cara menggunakannya. Maka dari itu, anda perlu bertanya lebih lanjut bahkan sampai sedetail mungkin pada penyedia jasa Harga Jual Mesin Hydroseeding sampai mereka bisa menjelaskan dengan penyampaian yang mudah diterima dan dimengerti.

Untuk mencari penyedia jasa Harga Jual Mesin Hydroseeding dengan reputasi toko yang bagus, kualitas mesin dan keunggulan dalam pelayanan, anda bisa mengunjungi antaresenergi.com. Disini, anda tidak hanya akan melihat reputasi baik dari pihak penyedia jasa reklamasi tambang namun juga pelayanan jasa yang selalu berhasil dalam proses perbaikan lahan.