+62 822 600 700 80 info@antaresenergi.com

Sudah bukan rahasia lagi bila banyak hutan di Indonesia ini sudah rusak. Ada banyak penyebab kerusakan hutan seperti kebakaran, illegal logging, pertambangan, pembukaan lahan, dan sebagainya. Padahal hutan mempunyai peranan yang sangat penting untuk ekosistem. Kerusakan hutan bisa mengancam kelangsungan hidup satwa yang ada didalammya dan juga menjadi sumber bencana bagi manusia.

Untuk menanggulangi kerusakan hutan, ada satu cara yang bisa dilakukan yaitu reboisasi. Reboisasi adalah penanaman kembali hutan atau lahan yang gundul dan mengembalikan fungsinya seperti semula. Reboisasi adalah salah satu proses yang tidak mudah apalagi bila dilakukan pada lahan atau hutan yang sangat luas. Namun mengingat pentingnya pohon bagi alam, reboisasi bisa dilakukan dengan menggunakan jasa reboisasi hutan.

Apa itu jasa reboisasi hutan?

Jasa reboisasi hutan adalah perusahaan yang menawarkan jasa penanaman kembali hutan atau lahan yang gundul. Proses penamanan pohon di hutan atau lahan bukanlah proses yang mudah sehingga perlu penanganan profesional. Sebelum melakukan reboisasi, Anda perlu meminta izin terlebih dahulu pada pejabat yang berwenang. Sehingga menggunakan jasa reboisasi hutan akan memudahkan semua proses penanaman kembali hutan yang gundul.

Mengapa perlu menggunakan jasa reboisasi hutan?

Penananam kembali hutan atau lahan yang gundul memang terkesan sepele. Namun apakah Anda membayangkan proses penanaman secara manual? Bila iya, reboisasi bisa memakan waktu sangat lama mengingat luasnya hutan yang perlu ditanami kembali. Berikut ini beberapa alasan mengapa Anda perlu menggunakan jasa reboisasi hutan untuk menghijaukan kembali hutana atau lahan yang gundul.

  • Cepat dan hemat waktu – Penanaman kembali hutan atau lahan yang luas membutuhkan waktu yang sangat lama bila dikerjakan dengan cara manual. Persiapan hingga proses penanaman bisa memakan waktu hingga berbulan-bulan tergantung dengan luas lahan yang direboisasi. Jasa reboisasi hutan tidak menggunakan proses manual, namun menggunakan proses hydroseeding. Metode ini adalah cara penanaman kembali hutan atau lahan dengan menyemprotkan campuran biji tanaman, pupuk, air, dan bahan pemantap tanah pada lahan yang dikehendaki. Cara ini tentu lebih cepat dan hemat waktu dibandingkan dengan cara reboisasi manual.
  • Efektif – Metode hydroseeding yang digunakan jasa reboisasi hutan ini terbukti lebih efektif. Hal ini karena biji tanaman yang digunakan tidak hanya biji berkualitas namun juga dicampur dengan pupuk. Sehingga tanaman bisa tumbuh lebih cepat karena biji sudah dilengkapi dengan pupuk dan kerusakan lingkungan bisa lebih cepat diatasi.
  • Profesional – tidak hanya menangani masalah penanaman ulang, jasa reboisasi hutan juga membantu Anda untuk mengurus perizinan pada pihak yang berwenang. Selain perizinan, jasa reboisasi hutan juga menerima konsultasi terkait dengan masakan penanaman kembali lahan atau hutan.
  • Penanaman merata – metode hydroseeding ini menggunakan terknologi yang terbaru. Meskipun biji disebar dengan alat namun penyebarannya merata bahkan hingga ke daerah yang sulit dijangkau sekalipun. Dengan penyebaran biji yang lebih merata, proses reboisasi bisa lebih baik dan tidak ada lagi lahan yang gundul.

Jasa reboisasi hutan atau lahan memang belum terlalu populer. Namun dengan tingkat kerusakan alam yang semakin tinggi baik karena bencana atau kelalaian manusia, jasa reboisasi hutan menjadi salah satu alternatif untuk mengembalikan kelestarian alam.