+62 822 600 700 80 info@antaresenergi.com

Masalah lingkungan menjadi salah satu masalah yang krusial dan seakan tidak ada habisnya untuk ditindak lanjuti. Berbagai masalah lingkungan ini biasanya berhubungan dengan erat dengan masalah kependudukan yang kita ketahui semakin lama semakin padat. Peningkatan jumlah penduduk ini berakibat pada meningkatnya pula kebutuhan akan perumahan sehingga penggunaan berbagai macam lahan semakin tak terkontrol. Salah satu daerah yang terkena dampak dari penggunaan lahan yang semakin meluas adalah daerah aliran sungai atau yang biasa dikenal dengan sebutan DAS.

Daerah aliran sungai yang digunakan tidak dengan semestinya misalnya untuk pemukiman tentu akan menimbulkan dampak yang kurang baik pula. Kualitas dan kuantitas air akan terpengaruh oleh kondisi daerah aliran sungai yang tidak tertata. Masalah lingkungan seperti erosi, penumpukan sampah, hingga mengakibatkan banjir merupakan dampak lanjutan dari peristiwa ini. Untuk bisa mengurangi dampak dari hal tersebut maka pemeliharaan serta rehabilitasi daerah aliran sungai merupakan kegiatan berkala yang perlu dilaksanakan.

Mekanisme rehabilitasi daerah aliran sungai tidak hanya memerlukan biaya yang tidak sedikit namun memerlukan tenaga profesional yang memahami dengan baik tentang rehabilitasi daerah aliran sungai. Melihat kondisi seperti ini, sebagian orang tergerak hatinya untuk mendirikan sebuah perusahaan jasa rehabilitasi DAS yang memiliki spesifikasi khusus untuk mengatasi permasalahan DAS yang kian pelik. Perusahaan jasa rehabilitasi DAS ini tentu menerapkan beberapa hal guna memperbaiki fungsi daerah aliran sungai agar berfungsi sebagaimana mestinya.

Perusahaan penyedia jasa rehabilitasi DAS sangatlah berperan penting dalam upaya pengembalian fungsi daerah aliran sungai. Oleh karenanya selama proses rehabilitasi, kinerja dan pengawasan proses merupakan hal yang penting. Antaresenergi.com merupakan perusahaan penyedia jasa layanan dalam rehabilitasi DAS. Perusahaan ini memiliki alamat website di Antaresenergi.com dimana Anda bisa menemukan banyak informasi mengenai rehabilitasi daerah aliran sungai disana.

Jasa rehabilitasi DAS yang profesional dapat dilihat dari kinerjanya sebelum pelaksanaan rehabilitasi, selama proses, dan setelah proses. Sebelum proses rehabilitasi daerah aliran sungai dilaksanakan, perusahaan penyedia jasa rehabilitasi DAS ini akan membuat rancangan program rehabilitasi DAS terlebih dahulu. Setelah rancangan ini disetujui oleh pihak-pihak terkait seperti pemerintah daerah, barulah kegiatan rehabilitasi dilaksanakan dengan menggunakan rancangan tadi sebagai acuan kegiatan. Adapun selama pelaksanaan rehabilitasi ini, standar operasional hendaknya dipenuhi. Setelah serangkaian kegiatan rehabilitasi dinyatakan selesai, meskipun memakan banyak waktu, tahapan pengawasan hendaknya tetap dilaksanakan. Tahapan pengawasan ini bertujuan untuk melakukan pengamatan hasil dari rehabilitasi agar dapat bertahan secara kontinu.

Perusahaan jasa rehabilitasi DAS yang baik tentunya memiliki sumber daya manusia berupa karyawan yang paham betul mengenai permasalahan lingkungan. Sehingga tidak heran jika mereka yang berperan dalam perusahaan ini adalah mereka yang berlatar belakang lingkungan dan disiplin ilmu lainnya yang terkait. Adapun sistem kerja dari perusahaan jasa rehabilitasi DAS, biasanya akan bekerja sama dengan perusahaan lain yang berperan sebagai klien dimana perusahaan klien ini biasanya menggunakan daerah aliran sungai sebagai bagian dari kegiatan operasionalnya.

Oleh karena itu, keberadaan perusahaan penyedia jasa rehabilitasi DAS sangatlah penting terutama bagi perusahaan yang menggunakan daerah aliran sungai dalam kegiatan operasionalnya. Tidak jarang juga, perusahaan penyedia jasa rehabilitasi DAS ini juga bekerja sama dengan pemerintah daerah atau instansi pemerintahan di bidang lingkungan hidup untuk mengembalikan fungsi daerah aliran sungai yang sebelumnya telah mengalami penurunan fungsi lahan.