+62 822 600 700 80 info@antaresenergi.com

Teknologi hydroseeding atau dapat diartikan sebagai sebuah teknik pembibitan yang dilakukan dengan pencampuran air, berguna dalam revegetasi lahan yang telah rusak seperti pada lahan bekas galian tambang ataupun pada lahan yang merupakan lahan bekas alih fungsi lahan. Teknologi hydroseeding ini juga sangat bermanfaat untuk memperbaiki lahan yang berada pada lereng yang sangat sulit dijangkau oleh tenaga manusia secara manual.

Untuk dapat melakukan hydroseeding pada lahan yang telah rusak, dapat menggunakan jasa dari para perusahaan penyedia jasa dan konsultan hydroseeding. Perusahaan penyedia jasa dan konsultan hydroseeding ini memang khusus bergerak di bidang pemeliharaan dan pengembalian lingkungan yang rusak. Perusahaan seperti ini bisa menjadi mitra Anda manakala Anda ingin melakukan revegetasi pada lahan milik Anda atau perusahaan Anda.

Ketika Anda memutuskan untuk datang dan melakukan konsultasi dengan perusahaan penyedia jasa dan konsultan hydroseeding, maka mereka akan banyak membantu Anda dengan solusi yang berkaitan dengan mekanisme pelaksanaan hydroseeding yang Anda rencanakan. Konsultan hydroseeding ini dapat memberikan berbagai saran terkait dengan mekanisme hydroseeding yang akan dilaksanakan. Selain itu, Anda juga bisa meminta saran terkait berapa biaya yang akan Anda keluarkan sesuai dengan luas lahan yang akan dilakukan revegetasi. Harga juga akan berpengaruh oleh jenis tanaman apa yang akan dikecambahkan pada proses hydroseeding.

Keberadaan konsultan hydroseeding ini sangatlah membantu bagi para pencari jasa hydroseeding. Mereka membantu memperhitungkan dan mempersiapkan bahkan membantu pelaksanaan hydroseeding dalam upaya revegetasi lahan yang telah rusak agar berfungsi kembali. Konsultan hydroseeding ini biasanya terdiri dari satu tim ahli dalam sebuah perusahaan dimana tim ahli ini biasanya terdiri dari mereka yang merupakan spesialis ahli ilmu tanah dan manajemen penataan lahan, ahli bidang kesuburan tanah dan pemupukan, serta ahli bidang budidaya tanaman. Kemampuan para ahli ini akan snagat bermanfaat kaitannya dalam pelaksanaan hydroseeding lahan.

Saat Anda membutuhkan informasi yang berkaitan dengan hydroseeding untuk memperbaiki kondisi lahan yang rusak misalnya lahan bekas tambang ataupun lahan bekas tinggalan perkebunan, Anda bisa mendatangi konsultan yang bergerak dalam bidang revegetasi lahan untuk mendapatkan saran masukan yang sesuai dengan kondisi di lapangan.

Melakukan kegiatan hydroseeding bukanlah kegiatan yang mudah, ada banyak pertimbangan yang perlu dilakukan sebelum memulai kegiatan pembibitan pada lahan yang rusak ini. Oleh karenanya diperlukan diskusi yang dilakukan dengan para hali dalam hal ini adalah konsultan hydroseeding yang telah berpengalama di bidang ini. Dalam diskusi yang dilakukan dengan konsultan hydroseeding  biasanya akan didapatkan beberapa hal yang sebaiknya diperhatikan sebelum memulai kegiatan hydroseeding. Beberapa hal tersebut biasanya menyangkut kondisi lahan yang akan dilakukan perbaikan, dan berikut ulasannya.

  • Jenis lahan yang akan dilakukan revegetasi. Mengenal lahan dengan baik, jenis tanah yang yang menjadi penyusun lahan tersebut, kontur tanah, dan lain sebagainya menjadi hal yang utama.

  • Penyebab kerusakan tanah atau lahan juga perlu diketahui. Apakah laan rusak karena eksploitasi berlebih seperti pada lahan bekas tambang, lahan bekas alih fungsi, lahan rusak karena bencana, dan lain sebagainya.

  • Mengetahui jenis tanaman yang dapat berkecambah dengan cepat, dapat bertahan, dan dapat hidup dengan baik pada lahan tersebut.

  • Mengetahui luas lahan sehingga luas lahan yang akan diperbaiki dapat berbanding lurus dengan banyaknya seed yang disediakan dalam proses hydroseeding nantinya.