+62 822 600 700 80 info@antaresenergi.com

Water treatment plant adalah istilah untuk sistem pengolahan air. Proses pengolahan air ini bertujuan untuk menjernihkan air hingga benar-benar bersih dan layak digunakan. Ada banyak kondisi dimana air harus diproses terlebih dahulu sebelum digunakan seperti air pada kolam renang, air limbah, bahkan perusahaan pada perusahaan air minum. Hal ini karena meskipun air terlihat jernih, namun kita tidak pernah tahu kandungan dalam air tersebut sehingga perlu dijernihkan agar layak digunakan. Salah satu cara mudah menjernihkan air adalah dengan menggunakan jasa water treatment.

Apa itu jasa water treatment plant ?
Seperti namanya, jasa water treatment plant adalah sebuah jasa yang memberikan layanan penjernihan air sesuai kebutuhan. Proses penjernihan air meliputi proses yang cukup rumit, sehingga tidak semua perusahaan mempunyai sistem pengolahan air yang memadai. Bila sudah begitu, jasa water treatment menjadi salah satu solusi mudah untuk membantu memproses air.

Proses pengolahan air biasanya dilakukan pada sebuah sistem instalasi pengolahan air atau water treatment plant. Instalasi pengolahan air ini biasanya dibagi menjadi tiga konstruksi yaitu intake, water treatment plant, dan reservoir. Proses pengolahan air sendiri bisa bermacam-macam tergantung dengan jasa water treatment yang digunakan.

Kapan harus menggunakan jasa water treatment?
Meskipun air di beberapa daerah terlihat sudah bersih, namun pada keadaan tertentu tetap harus melalui proses pengolahan air agar benar-benar layak untuk digunakan. Berikut ini adalah beberapa kondisi yang membutuhkan jasa water treatment.

  • Air untuk kolam renang – Air untuk kolam renang sebaiknya memang diproses melalui jasa water treatment.
    Hal ini karena meskipun air kolam renang sudah menggunakan air yang terlihat jernih, seperti air sumber, air pdam, atau bahkan air sumur, namun tetap saja kolam renang akan terlihat kurang bersih. Beberapa hari setelahnya biasanya air kolam akan berubah warna meski sirkulasi dinyalakan. Hal ini karena air kolam renang memang harus diproses terlebih dahulu untuk mematikan bakteri dan lumut pada air.
  • Air minum – Sama halnya dengan air untuk kolam renang, air minum juga sebaiknya melalui proses penjernihan air. Meskipun sumber air terlihat jernih namun didalamnya bisa saja mengandung bakteri dan jamur. Sehingga air perlu diproses terlebih dahulu sebelum dikonsumsi.
  • Air limbah – Proses pengolahan air limbah adalah salah satu yang paling penting. Air limbah harus diproses terlebih dahulu sebelum dibuang agar tidak mencemari lingkungan. Proses pengolahan air limbah ini bisa bermacam-macam, namun tujuannya hanya satu yaitu menghilangkan zat berbahaya dan membuat air limbah menjadi jernih sebelum dibuang.

Bagaimana cara jasa water treatment bekerja?
Secara umum, ada tiga cara pengolahan water treatment. Metode pengolahan air bisa berbeda tergantung dengan tujuan pengolahan air dan juga jasa penyedia water treatment. Cara pengolahan air yang pertama adalah pengolahan secara fisik. Pengolahan fisik ini bertujuan menghilangkan kotoran pada air dengan menggunakan filter atau penyaringan pasir dan lumpur tanpa menggunakan senyawa kimia.

Cara pengolahan air yang kedua adalah pengolahan kimia. Sesuai namanya, pengolahan air secara kimia ini menggunakan bahan kimia untuk menjernihkan air seperti polimer, soda ash, dan sebagainya. Proses ini juga bermanfaat untuk mengoptimalkan pengolahan air secara fisik.

Pengolahan air selanjutnya adalah pengolahan bakteriologis yang bertujuan memusnahkan bakteri, terutama bakteri penyebab penyakit, dengan menggunakan desinfektan seperti kaporit. Proses pengolahan air ini sangat penting mengingat air adalah bagian dari kehidupan. Sehingga air harus diproses terlebih dahulu sebelum digunakan atau dikonsumsi.