+62 822 600 700 80 info@antaresenergi.com

Memilih kontraktor hydroseeding bukan hal yang mudah karena memerlukan banyak pertimbangan. Mulai dari hal yang sederhana hingga yang besar. Apa saja hal yang perlu dipertimbangkan? Simak ulasannya.

Untuk menanggulangi fungsi tanah yang rusak akibat dari kegiatan penambangan, perkebunan, bencana kebakaran atau semacamnya perlu adanya proses revegetasi lahan yang bertujuan untuk mengembalikan fungsi tanah seperti semula. Langkah yang bisa dilakukan antara lain dengan melakukan penanaman kembali pada tanah yang sudah mengalami penurunan kondisi.

Akan tetapi jika kita hanya melakukan aktivitas penanaman normal biasa terkadang benih yang kita sebarkan akan sulit mengalami proses pertumbuhan dan perkembangan menjadi tanaman. Hal ini diakibatkan karena kondisi tanah yang kita gunakan sebagai lahan penyebaran benih sudah menurun fungsinya tidak seperti tanah normal pada umumnya. Oleh karenanya untuk memperoleh hasil maksimal dalam proses penanaman perlu adanya revegetasi lahan dengan metode tertentu.

Dalam melakukan proses revegetasi lahan yang bertujuan untuk mengembalikan fungsi tanah seperti semula. Ada beberapa metode yang bisa Anda gunakan salah satunya yaitu dengan metode hydroseeding pada tanah yang akan kita pakai sebagai lahan penyebaran benih tanaman secara merata.

Untuk mendapatkan hasil maksimal dari proses revegetasi lahan dengan metode hydroseeding, Anda perlu untuk mencari perusahaan yang fokus dalam penyedia jasa perbaikan lingkungan, karena dengan menggunakan jasa kontraktor dalam proses hydroseeding berarti Anda sudah mempercayakan tanah Anda untuk dikelola secara langsung oleh orang lain untuk melakukan proses revegetasi.

Sebelum pengaplikasian proses revegetasi lahan dengan metode hydroseeding yang perlu dilakukan pertama adalah mendiskusikan terlebih dahulu setiap langkah yang akan digunakan dalam melakukan proses revegetasi dengan kontraktor hydroseeding. Apa saja sih yang perlu didiskusikan kepada kontraktor agar metode ini bisa maksimal dalam pengapikasiannya pada lahan Anda.

  • Melakukan proses revegetasi tanah tidak boleh sembarangan mengingat tanah memiliki karakteristik yang berbeda-beda seperti letak dan kontur tanah, hal yang menyebabkan tanah rusak dan banyak hal lain yang berkaitan dengan kondisi tanah atau lahan.
  • Luas tanah yang akan diaplikasikan dengan metode hydroseeding. Dalam mengatur kerapatan benih yang disebar agar tanaman yang nantinya akan tumbuh memiliki kerapatan yang seusai maka perlu diketahui dulu ukuran luas lahan yang akan direvegetasi, sehingga hasil dari proses hydroseeding akan lebih maksimal.
  • Jenis benih yang akan ditanam pada lahan. Sebagai kontraktor hydroseeding sebelum melakukan penyebaran benih harus mengetahui terlebih dahulu jenis benih yang akan disebar atau dikecambahkan. Karena karakteristik dan letak lahan yang akan digunakan juga harus sesuai dengan benih yang akan disebarkan sehingga perkembangan benih akan diperoleh secara maksimal dan nantinya tanaman yang tumbuh akan memiliki daya tahan yang kuat terhadap ancaman erosi tanah.
  • Hal penting lain yang perlu Anda diskusikan di awal dengan jasa kontraktor adalah harga atau biaya yang harus dikeluarkan untuk menggunakan jasa mereka. Biasanya biaya yang dipasang oleh kontraktor hydroseeding berdasarkan beberapa pertimbangan antara lain, luas tanah, jenis benih atau tanaman juga seberapa tinggi tingkat kesulitan dalam pelaksanaan metode ini pada lahan yang akan direvegetasi dengan metode hydroseeding. Dari beberapa faktor tersebut biasanya para kontraktor hydroseeding memberikan kepada Anda berapa besaran biaya yang harus dikeluarkan untuk merevegetasi lahan.

Apabila diskusi antara Anda dan kontraktor hydroseeding mengenai beberapa hal yang disebutkan di atas sudah menemukan kata sepakat, ada hal-hal lain lagi yang perlu Anda perhatikan juga mengenai kontraktor itu sendiri.

Sebelum Anda melakukan revegetasi lahan menggunakan metode hydroseeding alangkah lebih baik jika Anda menggunakan jasa kontraktor hydroseeding yang sudah berpengalaman dalam penggunaan metode ini. Akan tetapi ada yang perlu Anda perhatikan untuk memilih kontraktor. Karena banyak sekali penyedia jasa hydroseeding yang bisa saja membuat Anda bingung untuk menentukan pilihan karena banyak di antara para penyedia jasa ini memberikan berbagai tawaran baik itu berupa metode yang paling efektif, biaya dan lain sebagainya. Jadi apa saja yang perlu Anda perhatikan sebelum memilih jasa kontraktor hydroseeding?

  1. Menentukan Kontraktor yang Tepat Sebelum Menentukan Langkah Awal
    Sebelum Anda menyerahkan segala urusan terkait revegetasi lahan Anda kepada penyedia jasa kontraktor hydroseeding, akan lebih aman lagi jika Anda mengenal lebih dini siapa saja anggota tim yang tergabung dalam kontraktor tersebut. Selain untuk dapat menyampaikan segala permasalahan tanah Anda kepada mereka dengan nyaman. Anda dapat pula mengantisipasi lebih awal jika jasa kontraktor yang Anda pilih ternyata memiliki anggota yang secara kepribadian kurang dapat Anda percayai untuk menangani masalah pada lahan Anda, agar setiap langkah yang dalam proses hydroseeding dapat berjalan sesuai dengan yang direncanankan di awal.
  1. Legalitas Kontraktor
    Mengingat di masyarakat banyak penyedia jasa kontraktor hydroseeding, hal penting yang harus Anda perhatikan sebelum memilih kontraktor salah satunya adalah badan hukum atau legalitas dari jasa kontraktor itu sendiri. Apakah kontraktor tersebut mengantongi izin dari pemerintah ?, Apakah jasa kontraktor tersebut memiliki manajemen dan kantor yang jelas ? Cari tahu pula jejak digital dari jasa kontraktor yang Anda pilih sebagai informasi awal sebelum Anda menggunakan jasa mereka.
  1. Rumusan Rincian Harga yang Jelas dan Metode yang Mereka Tawarkan
    Penting sekali untuk Anda mengetahui bagaimana kontraktor hydroseeding menghitung dan membuat rumusan rincian harga secara detail sebelum melakukan kegiatan hydroseeding pada lahan Anda, sehingga Anda akan lebih tahu untuk keperluan apa saja total biaya yang Anda keluarkan untuk hydroseeding. Tak ada salahnya Anda melakukan perbandingan antara penyedia jasa konstruksi sehingga mana penyedia jasa kontrakor yang dapat memberikan harga paling efisien sesuai dengan budget yang Anda miliki untuk revegetasi lahan.
  2. Cari Tahu Informasi Jasa Kontraktor Hydroseeding Melalui Website
    Memiliki manajemen yang baik dalam pengelolaannya kontraktor hydroseeding pada umumnya mempunyai website bisnis untuk memasang berbagai informasi terkait dengan profil perusahaan dan pelayanan yang mereka tawarkan. Bagi Anda yang ingin menentukan jasa kontraktor mana yang akan dipakai, alangkah baiknya cek terlebih dahulu profil dan informasi lainnya terkait dengan kontraktor yang akan menjadi pelaku hydroseeding untuk lahan Anda. Cari tahu informasi mereka melalui website perusahaan sehingga Anda tahu pasti bahwa jasa kontraktor yang Anda pakai adalah jasa kontraktor yang sesuai dengan kebutuhan.
  1. Cari Info Mengenai Testimoni Konsumen yang Pernah Menggunakan Jasa Kontraktor
    Tak kalah pentingnya untuk mengetahui track record dari perusahaan kontraktor yang akan Anda minta jasanya adalah melalui informasi testimoni para pelanggan yang pernah menggunakan jasa kontraktor yang sama. Semakin banyak tanggapan dan komentar positif yang disampaikan oleh para konsumen. Maka semakin yakin pula Anda untuk memilih jasa kontraktor tersebut.

Itu tadi beberapa hal yang peru Anda perhatikan sebelum Anda memilih kontraktor untuk melakukan hydroseeding pada lahan Anda. Karena memperhatikan hal-hal tersebut lebih dini maka akan berdampak pada hasil pertumbuhan tanaman yang sesuai harapan Anda. Karena penting bagi sebuah lahan yang dihydroseeding untuk dapat kembali memiliki fungsi tanah secara normal karena pada dasarnya itulah tujuan utama dari revegetasi menggunakan metode hydroseeding.