+62 822 600 700 80 info@antaresenergi.com

Permasalahan lingkungan seperti erosi daerah aliran sungai atau DAS merupakan permasalahan yang sudah bukan hal langka lagi. Terlebih lagi di daerah yang memiliki kepadatan penduduk tinggi. Permasalahan di DAS merupakan pemandangan yang tidak mengherankan. Tingginya angka kebutuhan akan lahan tempat tinggal, menjadikan lahan di sepanjang aliran sungai menjadi pilihan bagi mereka untuk mendirikan tempat tinggal. Setelah tempat tinggal berdiri berjejer di sepanjang aliran sungai, maka muncullah permasalahan lingkungan seperti sampah dan nantinya akan berdampak banjir yang melanda kala  musim penghujan.

Daerah aliran sungai atau DAS sebenarnya memegang peranan penting dalam kelangsungan ekosistem sungai itu sendiri. Terjaganya kondisi daerah aliran sungai yang bersih dan tidak tercemar, menjadikan kehidupan ekosistem sungai juga turut terjaga. Itulah sebabnya rehabilitasi DAS menjadi hal yang wajib dilakukan secara berkala untuk menjaga kelangsungan kehidupan di sungai itu sendiri.

Sebelum melakukan rehabilitasi DAS, hal yang perlu dibenahi terlebih dahulu adalah kesadaran masyarakat akan pentingnya keberadaan daerah aliran sungai. Karena akan menjadi hal yang percuma jika rehabilitasi DAS dilakukan, namun beberapa saat kemudian kembali bermunculan lagi perumahan warga di sepanjang tepi sungai. Dalam melakukan upaya ini, memang keberadaan petugas yang memberikan penyuluhan sangatlah penting. keterlibatan kontraktor yang nantinya akan melakukan proses rehabilitasi juga dirasa perlu dalam hal ini.

Kegiatan rehabilitasi DAS biasanya akan melibatkan kontraktor rehabilitasi DAS yang secara khusus menangani pengerjaan rehabilitasi ini. tidak hanya turun tangan saat pengerjaan rehabilitasi, keberadaan kontraktor rehabilitasi DAS juga diperlukan dalam memberikan pengertian kepada warga yang tinggal di sekitar daerah aliran untuk lebih menumbuhkan sikap peduli lingkungannya. Dalam serangkaian proses rehabilitasi DAS, hal pertama yang dilakukan oleh kontraktor rehabilitasi DAS adalah membuat rancangan kegiatan rehabilitasi. Adapun rancangan ini meliputi apa saja yang perlu disiapkan, apa yang dilakukan selama proses rehabilitasi, serta apa yang akan dilakukan pasca rehabilitasi. Selain itu, kontraktor rehabilitasi DAS juga perlu memberikan gambaran tentang dampak jika kegiatan rehabilitasi tidak dilaksanakan serta gambaran keberhasilan rehabilitasi setelah dilakukan.

waktu yang panjang, serta kesungguhan dalam melaksanakannya. Oleh karena itu, kontraktor rehabilitasi DAS memegang peranan penting dalam keberhasilan serangkaian proses rehabilitasi DAS. Kontraktor inilah yang juga akan berhubungan dengan pihak-pihak terkait proses rehabilitasi sehingga proses rehabilitasi DAS menjadi lancar.

Melihat pentingnya peranan kontraktor dalam proses rehabilitasi DAS, maka pemilihan kontraktor rehabilitasi DAS menjadi hal yang perlu hati-hati dalam pelaksanaannya. Sebuah instansi pemerintahan atau perusahaan tertentu yang hendak menggunakan jasa kontraktor rehabilitasi DAS haruslah benar-benar memilih dan memilah kontraktor yang berkualitas. Karena kualitas dari kontraktor rehabilitasi DAS ini nantinya akan sebanding pula dengan kualitas hasil kinerja ketika rehabilitasi dilakukan.

Kontraktor rehabilitasi DAS selain memiliki pengetahuan yang baik tentang lingkungan dan proses rehabilitasi, juga perlu memiliki pengalaman atau jam terbang yang baik pula. Antaresenergi merupakan perusahaan yang memberikan jasa layanan rehabilitasi lingkungan salah satunya rehabilitasi DAS yang telah terbukti berkualitas baik dalam kinerjanya. Hal ini terbukti dengan sudah banyaknya protyek rehabilitasi DAS yang dikerjakan dan juga telah terjalin banyak kerja sama dengan berbagai pihak dalam upaya rehabilitasi DAS maupun rehabilitasi lahan lainnya. Sehingga, dapat dikatakan bahwa perusahaan kami merupakan perusahaan yang berkualitas.